20 Fakta Seru Tentang Film Spider-Man 2 (2004)

Spider-Man 2 adalah kelanjutan dari film sebelumnya yang dirilis pada tahun 2002, Spider-Man. Para aktor utama yang diusung pun tetap sama, yakni Tobey Maguire, Kirsten Dunst, dan James Franco. Kali ini, Peter Parker sudah dua tahun menjadi Spider-Man. Ia berusaha keras menyeimbangkan identitas gandanya, yakni sebagai orang biasa dan sebagai Spider-Man. Kehidupan pribadi Parker mulai mengalami banyak masalah. Ia berpikir untuk pensiun menjadi Spider-Man. Namun musuh baru datang. Lewat percobaan yang gagal, ilmuwan Dr. Otto Octavius berubah menjadi penjahat super bernama Doctor Octopus yang mengerikan. Akankah Spider-Man bisa menghentikannya?

Foto1 Spider-Man 2

Berikut 20 fakta menarik tentang Spider-Man 2.

1. Spider-Man 2 dirilis di teater konvensional dan IMAX. Film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar 783 juta dolar AS dari budget 200 juta dolar AS. Tak hanya itu, satu Piala Oscar untuk kategori Efek Visual Terbaik juga didapatkan.

2. Menurut Stan Lee, pencipta Spider-Man, superhero laba-laba ini mengenakan topeng agar musuhnya tak melihat ketakutannya.

3. Partisipasi Tobey Maguire dalam film ini sempat diragukan karena ia menderita sakit punggung parah. Jake Gyllenhaal sudah dipersiapkan untuk menggantikan Tobey, namun Tobey memutuskan untuk tetap tampil.

4. Alfred Molina, yang memerankan karakter Dr. Octopus, sebenarnya memberikan nama pada masing-masing tentakelnya, yaitu Flo, Larry, Harry, dan Moe.

5. Agen Tobey Maguire awalnya meminta opsi gaji sebesar 25 juta dolar AS atau 10% dari total pendapatan, namun Columbia Pictures menolak. Gaji yang Tobey dapatkan adalah 17 juta dolar AS.

Baca Juga:  5 Lagu OST Terbaik dari Drama Miss Hammurabi (2018)

Foto2 Spider-Man 2

6. Molina dengan bercanda mengatakan bahwa tim stuntman selalu berusaha ‘memperdaya’ dirinya untuk melakukan adegan berbahaya sendiri lagi dan lagi. Molina mengaku tidak menikmati hal itu karena ia tak terlalu bagus dalam melakukan adegan berbahaya.

7. Tim produksi film ini sangat beruntung karena mereka banyak melakukan syuting di luar ruangan dan tak pernah hujan.

8. Judul awal film ini sebenarnya adalah The Amazing Spider-Man, namun judul itu akhirnya dipakai ketika serial ini dibuat ulang dalam The Amazing Spider-Man (2012).

9. Tobey Maguire melakukan banyak adegan berbahayanya sendiri. Bahkan Rosemary Harris, pemeran karakter May Parker atau bibi Peter Parker, juga sangat senang melakukan adegan berbahayanya tanpa pemeran pengganti.

10. Adegan pertarungan di kereta api antara Spider-Man dan Doc Ock adalah ide asli sutradara Sam Raimi dan menjadi adegan besar pertama yang disyuting. 16 kamera digunakan untuk memfilmkan adegan ini.

Foto3 Spider-Man 2

11. Beberapa rekor box office dipecahkan film ini, salah satunya memecahkan rekor sebagai film paling laris di hari pertama rilis. Rekor itu kemudian dilampaui Star Wars Episode III.

12. Desainer kostum James Acheson membuat beberapa perubahan pada kostum Spider-Man. Warnanya dibuat lebih kaya dan lebih jelas, emblemnya lebih elegan, demikian pula dengan helm di dalam topeng yang kian disempurnakan dan banyak lagi perbaikan lainnya yang dilakukan James.

13. Substansi ajaib yang digunakan Doc Ock untuk menghidupkan perangkat fusinya adalah tritium dan substansi ini benar-benar ada di dunia nyata.

Baca Juga:  Im Yoona dan Ji Chang-wook, Makin Dekat Setelah Ciuman

14. Pemberian judul film ini cukup susah. Selain The Amazing Spider-Man yang menjadi judul awal, beberapa judul lainnya juga sempat dipertimbangkan, antara lain Spider-Man: No More, Spider-Man 2 Lives dan Spider-Man: Unmasked.

15. Pada satu titik, aktor Chris Cooper dipertimbangkan untuk memerankan Dr. Octopus. Namun pada akhirnya Chris dijadikan pemeran Norman Osborn dalam film The Amazing Spider-Man 2 di tahun 2014.

Foto4 Spider-Man 2

16. Tobey Maguire adalah seorang vegetarian. Dalam adegan ketika ia harus makan hot dog, ia sebenarnya memakan tofu hot dog yang sangat populer di kalangan vegetarian.

17. Sebanyak 30 buah mobil dibeli sebagai properti film ini. Di akhir syuting, 30 mobil itu sudah dihancurkan dalam banyak adegan action.

18. Tentakel yang melekat di tubuh Doctor Octopus adalah properti. Sedangkan tentakel yang membawa atau mengangkat tubuh Doctor Octopus adalah buah rekayasa komputer.

19. Dalam satu adegan, Peter Parker menanyai Mary Jane apakah ia masih di desa (village). Pemeran Mary Jane, Kirsten Dunst, sebenarnya menolak tawaran untuk bermain dalam film The Village untuk tampil dalam Spider-Man 2 dan Elizabethtown.

20. Ketika melakukan adegan berbahaya sebagai Peter Parker, kacamata Tobey Maguire sebenarnya tidak memiliki kaca alias hanya bingkai saja. Ini dilakukan bukan karena alasan keamanan, tapi untuk menghindari refleksi kaca. Kaca ditambahkan kemudian secara digital.

Komentar Anda