20 Fakta Menarik Tentang Film Spider-Man 3 (2007)

Spider-Man 3 adalah film terakhir dari trilogi Spider-Man yang disutradarai Sam Raimi. Film ini tetap memasang para pemain utama yang telah tampil dalam dua film sebelumnya, seperti Tobey Maguire, Kirsten Dunst, James Franco, dan lainnya. Dalam episode ketiga ini, Peter Parker digambarkan sudah memiliki kehidupan yang sempurna, baik sebagai dirinya sendiri maupun sebagai Spider-Man. Namun tak disadarinya muncul banyak rival dan musuh, salah satunya Harry Osborn. Ia adalah mantan teman Parker yang berubah menjadi New Goblin dan bermaksud membalas dendam pada Spider-Man atas kematian ayahnya. Namun Osborn bukanlah satu-satunya masalah bagi superhero laba-laba ini.

Spider-Man 3 1

Berikut 20 fakta menarik tentang film Spider-Man 3.

1. Semua jeritan yang dikeluarkan Kirsten Dunst (pemeran Mary Jane) dalam film ini sebenarnya adalah daur ulang dari film Spider-Man 2.

2. Bryce Dallas Howard, pemeran Gwen Stacy, melakukan adegan berbahayanya sendiri dalam adegan ketika crane menghancurkan sisi gedung. Bryce tak sadar bahwa dirinya sedang hamil saat itu.

3. Film terlaris tahun 2007 ini memerlukan waktu dua tahun 10 bulan untuk dibuat.

4. Menurut James Franco, tim harus kembali memfilmkan beberapa adegan beberapa saat sebelum rilis karena dalam tes audiens merasa bahwa film ini kekurangan adegan laga.

5. Selama mengenakan kostum venom, Topher Grace tidak minum air sedikit pun karena ia tidak bisa buang hajat di toilet dengan kostum itu.

Spider-Man 3 2

6. Rambut asli Kirsten Dunst adalah pirang, namun ia memerankan Mary Jane yang berambut merah. Sedangkan Bryce Dallas Howard aslinya berambut merah, namun ia memerankan Gwen Stacy yang pirang.

Baca Juga:  Jung Il-woo Tetap Ikut Wamil Meski Mengidap Penyakit Otak

7. Tanggal rilis film ini bahkan sudah diatur sebelum Spider-Man 2 rilis.

8. Sam Raimi dan Tobey Maguire adalah orang yang ‘memasukkan’ karakter Sandman dalam film ini. Selama jumpa pers dua film terdahulu, dua orang ini beberapa kali menyebut bahwa mereka ingin Sandman tampil sebagai penjahat di film ketiga.

9. Topher Grace, pemeran karakter Eddie Brock atau Venom, dan Thomas Haden Church, pemeran karakter Flint Marko atau Sandman, mengaku bahwa mereka diam-diam diundang ke sebuah pertemuan yang digelar Sony tanpa tahu bahwa mereka akan diaudisi untuk film ini.

10. Sebelum Bryce Dallas Howard mengunci peran sebagai Gwen Stacy, Scarlett Johansson dan Elisha Cuthbert sempat dipertimbangkan.

Spider-Man 3 3

11. Dalam film, karakter Venom tidak pernah disebut sebagai Venom, sementara Sandman hanya disebut Sandman sekali. New Goblin juga tak pernah disebut sebagai New Goblin, kecuali dalam adegan ketika Peter Parker memanggilnya “Goblin Jr.”

12. Lebih dari 1.000 orang bekerja bahu membahu menggarap film ini. Beberapa dari mereka menghabiskan waktu 8.000 jam untuk membuat 40 kostum Spider-Man dan lainnya membuat software CGI yang rumit.

13. Untuk membuat efek visual yang menampilkan kekuatan Sandman, tim membutuhkan waktu tiga tahun lamanya. Untuk memahami dinamika pasir, berbagai eksperimen dilakukan dengan pasir. Pematung pasir juga dimintai saran.

14. Untuk mempersiapkan diri dengan peran Sandman, Thomas Haden Church melakukan latihan fisik selama 16 bulan, mengurangi bobotnya sebanyak 16 pon dan menambah massa otot sebanyak 28 pon. Sementara Topher Grace berlatih selama enam bulan untuk tampil sebagai Venom.

Baca Juga:  Mengapa Yeri Red Velvet Dibenci oleh Sebagian Fans?

15. Tiga Raimi bersaudara bekerja sama dalam film ini, yaitu Sam Raimi sebagai sutradara, Ivan Raimi sebagai salah satu penulis skenario, dan Ted Raimi sebagai aktor pemeran Hoffman.

Spider-Man 3 4

16. Sam Raimi menjadi sutradara pertama di dunia yang menggarap tiga film franchise superhero berturut-turut. Pada saat itu, Bryan Singer baru membuat dua film X-Men, sedangkan Christopher Nolan juga baru menyelesaikan dua film Batman.

17. Film ini dibuka di 4.252 bioskop, menjadi rekor tersendiri mengalahkan Shrek 2 di tahun 2004. Rekor itu kemudian dipatahkan oleh film Johnny Depp, Pirates of the Caribbean: At World’s End, juga di tahun 2007.

18. Pasir nyata digunakan untuk Sandman, kecuali ketika karakter itu sedang dikubur atau ditutupi pasir. Karena pasir nyata bisa menimbulkan bahaya untuk adegan tersebut, tongkol jagung pun digunakan sebagai gantinya sekaligus menjadi camilan untuk para pemain dan kru.

19. Spider-Man 3 diproduksi dengan budget 258 juta dolar AS dan membawa keuntungan sebesar 890,9 juta dolar AS.

20. Scott Stokdyk, desainer efek visual, membuat miniatur gedung pencakar langit dengan skala 1:16 alih-alih menggunakan CGI. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat waktu, biaya, dan adegan penghancuran gedung itu pun bisa dibuat secara lebih realistis.

Komentar Anda