21 Fakta Menarik Tentang Film Batman Begins (2005)

Batman Begins adalah film pembuka trilogi The Dark Knight yang diarahkan Christopher Nolan. Film superhero yang memasang Batman sebagai tokoh sentral ini diperkuat oleh banyak bintang Hollywood, mulai dari Christian Bale, Liam Neeson, Katie Holmes, hingga Morgan Freeman. Sesuai judulnya, Batman Begins mengisahkan awal mula sepak terjang Bruce Wayne sebagai Batman. Sepeninggal orangtuanya, Bruce berkelana ke Asia untuk belajar pada mentornya, dan pada saatnya ia kembali ke Gotham City untuk menumpas segala kejahatan yang mengancam kota.

Foto Batman Begins 1

Berikut 21 fakta yang wajib Anda tahu tentang Batman Begins.

~O~

1. Christian Bale merasa sangat tidak nyaman mengenakan kostum Batman, namun hal itu justru membantunya tampil sempurna sebagai The Dark Knight karena ia selalu berada dalam mood yang buruk ketika memakainya.

2. Ketika sedang syuting di Chicago, seseorang dengan sengaja menabrak Batmobile. Belakangan diketahui bahwa orang itu sedang mabuk dan panik. Ia menyangka kendaraan Batman itu adalah pesawat ruang angkasa alien.

3. Secara keseluruhan, Batman Begins sukses menjadi film box office dengan catatan keuntungan mencapai 374,2 juta dolar AS dari budget awal 150 juta dolar AS.

4. Bahasa yang digunakan aktor Jepang pemeran Ra’s Al Ghul, Ken Watanabe, bukanlah bahasa Jepang atau Tibet. Faktanya, apa yang ia ucapkan tidak termasuk ke dalam bahasa apapun melainkan hanya ‘omong kosong’ yang ia ciptakan sendiri.

5. Meski Christian Bale melakukan banyak adegan berbahayanya sendiri, ia dilarang berada dekat dengan Batmobile. Total ada lima Batmobile yang dibuat secara khusus untuk film ini.

Foto Batman Begins 2

6. Christopher Nolan sangat menyukai mata biru cerah aktor Cillian Murphy, karena itulah ia selalu mencari cara atau alasan agar karakter yang ia perankan, Dr. Jonathan Crane, bisa melepas kacamatanya.

7. Dalam adegan ketika Christian Bale dan Liam Neeson bertarung di atas danau yang membeku, mereka mendengar ada suara retakan di bawah kaki mereka. Keesokan harinya, danau itu benar-benar mencair seluruhnya.

Baca Juga:  Taecyeon 7 First Kisses Bongkar Rahasia Tubuh Atletisnya

8. Tim Burton dan Michael Keaton, duet sutradara dan pemeran utama film Batman (1989), mengaku sangat terkesan dengan film Batman Begins ini.

9. Beberapa hari sebelum pemeran Batman dikasting, delapan aktor diminta mengikuti audisi. Selain Christian Bale, ada nama kondang lain, yakni Jake Gyllenhaal dan bahkan Cillian Murphy. Para aktor mengenakan kostum Batman yang dikenakan Val Kilmer dalam film Batman Forever di tahun 1995.

10. Sebelum memulai syuting, Christopher Nolan mengajak para kru dan pemain untuk menonton film Blade Runner. Setelah film itu usai, Nolan berkata pada mereka, “Kita akan membuat film Batman seperti ini.”

Foto Batman Begins 3

11. Film ini menginspirasi produser film James Bond, Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli, untuk membuat ulang film James Bond dengan menampilkan sosok James Bond yang lebih gelap dan realistis dalam Casino Royale.

12. Christian Bale tiga kali kehilangan suaranya saat syuting, yakni ketika ia mencoba mengubah suara Batmannya.

13. Di awal audisi, Christian Bale memutuskan bahwa ia tidak ingin menampilkan sosok Batman sebagaimana biasanya; ia memilih menampilkan Batman sebagai monster yang penuh kemarahan. Ia juga menekankan bahwa hal ini bisa bertentangan dengan Christopher Nolan. Namun di luar dugaan Nolan, interpretasi Bale ini sangat luar biasa.

14. Christian Bale adalah aktor Inggris, oleh karena itulah ia selalu menggunakan aksen Amerika ketika syuting dan mempromosikan film ini, sesuai dengan aksen Bruce Wayne. Ia tidak ingin penonton bingung menonton Batman, yang merupakan karakter Amerika, berbicara dengan aksen Inggris/British.

15. Ketika sudah dikontak untuk tampil sebagai Batman, Christian Bale diminta untuk membesarkan tubuhnya ‘sebesar mungkin,’ padahal sebelumnya ia sudah menguruskan badannya secara ekstrim untuk peran dalam The Machinist. Bale lalu menjalani latihan fisik dan diet ketat selama enam bulan untuk membentuk body, bahkan ia menjadi terlalu gemuk, sangat kontras dengan yang ia pertontonkan dalam The Machinist, di mana ia terlihat sangat kerempeng. Bale lalu menurunkan sedikit bobotnya untuk mencapai titik ideal. Bale menyebut pengalaman itu sebagai penderitaan fisik yang tak tertahankan.

Baca Juga:  Fakta-fakta Leader Grup Idol K-Pop, Berat Tapi Membanggakan

Foto Batman Begins 4

16. Kru mengalami sedikit hambatan untuk memfilmkan adegan-adegan di akademi pelatihan ninja karena tinggi Liam Neeson melebihi semua orang di sana. Untuk mengatasi hal itu, sebagian besar ninja ditempatkan pada balok kayu agar tampak lebih tinggi.

17. Banyak dari peralatan dan pakaian Batman, termasuk jubah dan kostumnya, didasarkan pada teknologi militer yang sebenarnya.

18. Seluruh nama besar yang dikasting dalam film ini awalnya tidak diberi tahu bahwa mereka akan dimainkan dalam film Batman. Naskah yang dikirim pada mereka berjudul The Intimidation Game. Michael Caine menceritakan bahwa ketika ia pertama kali melihat judul itu, ia berpikir bahwa film ini kemungkinan adalah film tentang gangster.

19. Christopher Nolan memutuskan bahwa ia tidak akan memakai unit kedua untuk syuting sebagaimana sudah lazim diterapkan dalam pembuatan film. Oleh karena itu, keseluruhan proses pemfilman Batman Begins yang memakan waktu 129 hari diawasi secara langsung oleh Nolan.

20. Meski Batman Begins adalah film bertema Batman dan menjadi pembuka trilogi The Dark Knight, kata ‘Batman’ hanya diucapkan sebanyak sepuluh kali di sepanjang 140 menit film ini berlangsung.

21. Heath Ledger sempat dipertimbangkan untuk memerankan Bruce Wayne alias Batman dalam tahap pengembangan film. Pada akhirnya, kita menyaksikan Ledger tampil sebagai musuh besar Batman, The Joker, dalam sekuel film ini, The Dark Knight, yang membuatnya meraih Oscar.

Komentar Anda