15 Fakta Unik Tentang Film The Tourist (2010)

The Tourist adalah film komedi romantis thriller yang menduetkan pasangan aktor atraktif, Angelina Jolie dan Johnny Depp. Film ini mengisahkan seorang wanita Inggris bernama Elise Clifton-Ward yang mendapat pesan dari kekasihnya, Alexander Pearce, seorang buronan polisi. Pearce meminta Elise pergi ke Venesia dengan kereta api dan memilih seorang pria secara acak untuk mengelabuhi polisi agar percaya bahwa pria itu adalah dirinya. Elise memilih Frank Tupelo, seorang guru matematika. Petualangan Elise dan Frank pun dimulai saat itu di sebuah kota yang sangat indah, Venesia.

Foto Film The Tourist 1

Berikut 15 fakta unik tentang The Tourist.

==========

1. Film arahan sutradara Florian Henckel von Donnersmarck ini banyak mendapat respon negatif dari para kritikus, namun The Tourist berhasil mendapat tiga nominasi Golden Globe.

2. The Tourist dibuat dengan budget 100 juta dolar AS dan berhasil mencatatkan keuntungan komersial mencapai 278,3 juta dolar AS.

3. Paul Bettany, pemeran Inspektur John Acheson, menolak tawaran peran sebagai Raja George VI dalam film peraih empat Oscar, The King’s Speech. Colin Firth yang mendapat peran itu sukses mendapatkan Oscar. Bettany kemudian mengatakan bahwa pilihannya itu menjadi kesalahan terbesar yang pernah ia lakukan.

4. Tom Cruise awalnya diplot sebagai pemeran Frank, namun kemudian digantikan oleh Sam Worthington. Dalam perkembangan selanjutnya, Sam memutuskan keluar karena perbedaan yang sifatnya kreatif dan posisinya diberikan pada Johnny Depp.

Baca Juga:  Curhatan Park Bom Tentang Pembubaran 2NE1

5. Sebelum Angelina Jolie bersedia mengambil peran Elise, Charlize Theron sudah direncanakan akan tampil sebagai Elise di film ini.

Foto Film The Tourist 2

6. Di sepanjang film, Angelina Jolie mengenakan 12 setel baju.

7. Proyek film ini mengalami banyak perubahan pemain dan sutradara. Ketika Henckel von Donnersmarck kembali ke proyek ini, ia menulis ulang naskah selama dua minggu dan melakukan syuting selama 58 hari.

8. Sutradara Henckel dibantu oleh kordinator laga Simon Crane untuk merancang rangkaian adegan action di perahu. Hal ini lantaran Venesia memberlakukan aturan ketat mengenai batas kecepatan perahu di atas kanal-kanalnya.

9. Selama syuting berlangsung, seorang polisi terus berjaga-jaga di sekitar lokasi syuting untuk memastikan bahwa tidak ada gerakan ombak yang akan membuat pilar tempat berdirinya palazzi terekspos pada oksigen.

10. Sebanyak 8 tempat di Paris dan 20 tempat di Venesia dijadikan lokasi syuting film ini.

Foto Film The Tourist 3

11. Secara keseluruhan, film ini dibuat dalam 11 bulanan, dimulai ketika Henckel menulis ulang naskah hingga penayangan perdana di New York. Salah satu alasan film ini harus cepat diselesaikan adalah karena Johnny Depp harus segera ke Hawaii untuk syuting film keempat Pirates of the Caribbean.

12. Sutradara Henckel mendapat tamu istimewa, yakni Menteri Kebudayaan Perancis saat itu, Frédéric Mitterrand, yang mengunjunginya di lokasi syuting The Tourist di Place Colette.

Baca Juga:  5 Fakta Unik Tentang Daniel Henney

13. Film ini beberapa kali menggunakan simbolisme dewa Romawi, Janus, yang seringkali ditampilkan memiliki dua wajah. Janus juga mewakili transisi. Salah satu adegan yang merujuk pada Janus adalah ketika Frank menanyai Elise tentang kalungnya. Dalam film ini, Janus adalah simbolisme karakter Alexander Pearce yang melakukan operasi plastik untuk mengganti wajahnya.

14. Pasangan Johnny Depp dan Angelina Jolie sama-sama mendapat penghargaan Choice Movie: Actor/Actress Action dalam ajang Teen Choice Awards.

15. The Tourist adalah film pertama yang menandemkan Paul Bettany dan Johnny Depp. Dua aktor top ini kemudian kembali bersatu dalam film Transcendence dan Mortdecai.

Komentar Anda