15 Fakta Seru di Balik Film The Italian Job (2003)

Loading...

The Italian Job adalah sebuah film tentang perampokan, pengkhianatan, dan balas dendam. Film ini dirilis pada tahun 2003 dengan menghadirkan sederet aktor papan atas Hollywood, mulai dari Mark Wahlberg, Jason Statham, Charlize Theron, Edward Norton, dan lain-lainnya. Cerita bermula ketika sekelompok perampok profesional dengan cerdas membobol tempat penyimpanan emas batangan di kota Venesia. Namun salah satu dari mereka berkhianat dan berusaha membunuh rekan-rekannya. Beberapa orang yang tersisa dari pengkhianatan ini berupaya memburu dan membalas dendam pada sang pengkhianat.

The Italian Job1

Berikut beberapa fakta paling menarik dari film besutan F. Gary Gray ini.

~O~

1. The Italian Job merupakan remake dari film Inggris berjudul sama yang dirilis pada tahun 1969.

2. Jason Statham bercerita bahwa selain mendapat kursus menyetir, para pemain juga diberi latihan khusus selama dua hari oleh mantan juara dunia F-1, Damon Hill. Belakangan mereka baru sadar bahwa aktris Charlize Theron sebenarnya jauh mengungguli mereka semua.

3. Dua Mini Cooper bertenaga listrik dan satu Mini Cooper S dirancang secara khusus untuk film ini karena penggunaan kendaraan bertenaga bensin di sistem subway Los Angeles dilarang.

4. Charlize Theron dua kali ditilang karena mengebut di atas 65 km/jam selama masa syuting film ini. Semua ini lantaran Charlize sudah terbiasa syuting kebut-kebutan sehingga susah untuk mengurangi kecepatannya ketika hendak pulang ke rumah.

5. Lyle (diperankan Seth Green) mengklaim bahwa dirinya adalah pencipta Napster, dan bahwa Shawn Fanning mencuri ide itu darinya. Dalam adegan flashback ketika Lyle tidur, ada seseorang mengambil disk dari PC berisi Napster. Orang tersebut benar-benar Shawn Fanning, pencipta Napster. Ketika ia mencuri disk itu, bagian bawah dari poster Metallica terlihat di dinding. Metallica adalah kritikus Napster asli yang sangat vokal.

The Italian Job2

Loading...

6. Untuk membuat Mark Wahlberg tampak tinggi, ia menggunakan sepatu bertumit tinggi di sepanjang film. Namun dalam adegan pembuka dengan Donald Sutherland dan dalam dua adegan basket dengan Jason Statham dan Seth Green, Mark menggunakan sepatu biasa.

7. Edward Norton memperjelas keikutsertaannya dalam film adalah karena kewajiban kontrak, bukan pilihan. Ia menandatangani kontrak tiga film dengan Paramount, yang pertama adalah Primal Fear (1996), film yang membuatnya terkenal. Ia mengabaikan naskah untuk dua film berikutnya sampai Paramount memaksanya untuk menerima peran dalam The Italian Job.

8. Pacar Lyle yang tampil di akhir film ini diperankan oleh Kelly Brook, yang merupakan pacar asli Jason Statham pada saat itu.

9. Semua aktor utama melakukan adegan kejar-kejaran mobil sendirian tanpa stuntman, kecuali Yasiin Bey, pemeran Left Ear. Yasiin harus mendapat perlakuan khusus karena ia belum memiliki SIM saat syuting berlangsung.

10. Film berdurasi 110 menit ini diproduksi dengan anggaran 60 juta dolar AS dan berhasil menjadi box office dengan keuntungan 176,1 juta dolar AS.

The Italian Job3

11. Paramount kurang puas dengan performa film ini di box office. Mereka kemudian merilis ulang film ini di bioskop pada akhir Agustus 2003.

12. Tak seperti biasanya, otoritas Venesia mengizinkan kru untuk melampaui batas kecepatan dalam adegan kejar-kejaran di perahu motor.

13. Untuk pertama kalinya dalam sejarah sinematik, Hollywood and Highland Center ditutup selama tujuh hari untuk syuting The Italian Job, menurut sutradara F. Gary Gray dalam sebuah wawancara yang ditampilkan dalam DVD.

14. Sebanyak 32 buah mobil MINI digunakan di film ini.

15. Mobil MINI dengan dua kemudi digunakan dalam beberapa adegan untuk memudahkan seorang stuntman menyetir sementara seorang aktor berakting menyetir di depan kamera. Mobil unik ini kini menjadi bagian dari perusahaan MINI di Cowley, Oxford.

Loading...

Komentar Anda