Lagi, The Legend of the Blue Sea Kena Hantam Isu Plagiarisme

Loading...

 

Blue Sea

Drama SBS, The Legend of the Blue Sea, sekali lagi menjadi subjek kontroversi plagiarisme. Serial yang dibintangi Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun itu kini dituduh menyalin beberapa alur ceritanya dari sebuah karya seorang penulis skenario bermarga Park.

Pada Rabu (14/12), Park menulis di situs resmi The Legend of the Blue Sea dan memperkenalkan dirinya sebagai penulis The Legend of Hae Wol Sea: Pearly Shells, menurut laporan AllKpop. Di sana, ia menunjukkan kesamaan antara karyanya dengan drama SBS tersebut.

Menurut Park, banyak insiden yang digambarkan dalam drama SBS tersebut yang pada dasarnya sama dengan karyanya. Ia menjelaskan, “Tidak hanya tentang putri duyung, tetapi situasi dalam drama dan penggambarannya sangat mirip.”

Loading...

Meskipun ia menuntut permintaan maaf dari penulis skenario drama, Park Ji-eun, Park mengatakan ia tidak ingin menyebutnya plagiarisme. Ia menambahkan bahwa dirinya tidak dalam posisi untuk mengambil tindakan hukum terhadap tokoh terkemuka dari industri hiburan, meskipun fakta hukum bisa jadi menguntungkan dirinya.

“Saya ingin menekankan sekali lagi bahwa saya tidak berada di sini untuk mengatakan bahwa mereka telah menjiplak tulisan saya,” Park mengklarifikasi. “Kenapa? Karena saya hanyalah seorang warga miskin.”

Penulis wanita ini lebih lanjut mengatakan bahwa ia bisa saja mengambil tindakan hukum terhadap tokoh besar seperti Choi Soon-sil dan Cha Eun-taek. Ia lalu menegaskan bahwa itu hanyalah sebuah analisis dari bagian-bagian yang sama, tetapi ia tidak pernah menyebutnya plagiarisme.

Ini bukan pertama kalinya The Legend of the Blue Sea ditampar oleh kritikus atas klaim plagiarisme. Sebelumnya, serial populer ini dilaporkan menyalin sedikit plot dan gaya syuting dari film tahun 1984, Splash, serta serial populer Inggris, Sherlock.

Meskipun dihantam klaim-klaim tersebut, drama ini berhasil mengamankan posisi teratas di pertempuran rating Rabu-Kamis. Episode terbarunya, yang disiarkan pada 14 Desember, sukses meraup rating pemirsa rata-rata 16,6 persen.

Loading...

Komentar Anda