10 Lagu Populer K-Pop yang Dihasilkan Lewat Daur Ulang

GD

Daur ulang atau remake adalah praktek lazim di dunia film atau musik, termasuk di industri musik K-Pop. Bagi fans berat, sepuluh lagu ikonik ini tentu tak asing, tapi mereka mungkin tak sadar bahwa kesepuluhnya sebenarnya adalah lagu-lagu daur ulang.

Sebagai salah satu industri musik paling inovatif di dunia, K-Pop sangat produktif dalam melahirkan musik dari berbagai genre, mulai dari pop, rock, hip-hop, soul, dance, dan lainnya. Tapi tak tertutup kemungkinan bahwa K-Pop juga mendaur ulang lagu dari para musisi internasional. VIXX, TVXQ, dan f(X) semuanya pernah meremake lagu untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang baru. Hasilnya memang sangat mengejutkan.

Ini dia 10 lagu K-Pop hasil daur ulang.


1. “Play” – Baby VOX

Lagu terkenal Baby VOX, “Play,” sebenarnya adalah remake dari lagu Jennifer Lopez yang berjudul sama.

2. “No More” – f(x)

Lagu satu ini punya gaya pop 50-an, namun bukanlah karya baru karena merupakan remake dari lagu Ariana Grande berjudul “Boyfriend Material.”

3. “Mirotic” – TVXQ

Hak lagu “Mirotic” dijual pada TVXQ dan penyanyi Jerman, Sarah Connor, untuk tujuan rilis di Eropa dan Asia. Ada sejumlah gesekan plagiarisme saat itu karena lagu Connor dirilis sebulan sebelum debut TVXQ. Lagu ini menjelma menjadi karya ikonik yang masih dicover banyak artis sampai kini.

4. “What If” – Super Junior

Tak diragukan lagi lagu “What If” dari Super Junior adalah salah satu nomor paling menyentuh yang mereka miliki. Lagu ini adalah daur ulang dari lagu penyanyi Filipina, Nina, yang judulnya sama.

5. “This Love” – G-Dragon

Lagu debut G-Dragon, “This Love,” adalah salah satu lagu solo tersuksesnya. Namun lagu ini aslinya dibawakan oleh band pop alternatif Amerika, Maroon 5. G-Dragon membuatnya ngehits di Korea Selatan.

6. “Love Equation” – VIXX

Tahun lalu VIXX bergerak dari konsep gelap mereka yang familiar menuju sesuatu yang lebih cerah. “Love Equation” mengejutkan fans dengan konsepnya yang ringan dan manis. Lagu ini awalnya dibawakan Ref dengan judul “Farewell Formula” dengan nuansa yang lebih suram.

7. “Juliette” – SHINee

Banyak fans SHINee tak sadar bahwa lagu populer “Juliette” adalah hasil remake dari lagu Corbin Bleu berjudul “Deal with It.” Kedua lagu ini energik, tapi SHINee membawa lagu ini pada level baru.

8. “RunDevilRun” – Girls’ Generation

Tembang satu ini memamerkan sisi seksi Girls’ Generation dan sangat ngehits. Lagu ini mulanya adalah lagu milik artis Amerika, Kesha, yang berjudul sama.

9. “Hot Summer” – f(x)

“Hot Summer” juga merupakan remake yang tak banyak disadari fans. Lagu aslinya dibawakan oleh grup pop Jerman, Monrose. Lagu ini adalah satu dari banyak remake yang dibawakan f(x) seperti “Pinocchio (Danger),” “Mr. Boogie,” dan “Dangerous.”

10. “Whatta Man” – I.O.I

“Whatta Man” jelas merupakan salah satu nomor I.O.I yang paling booming yang membawa idol ini pada puncak popularitas. “Whatta Man” adalah sampel dari lagu trio R&B populer dari tahun 1990-an, Salt-N-Pepa, yang judulnya sama.

Komentar Anda