3 Reaksi Tubuh Saat Anda Kebanyakan Makan Garam

Garam

Garam adalah bumbu wajib di dapur yang kehadirannya sangat diperlukan dalam banyak jenis masakan. Saking pentingnya, ada istilah ‘bagai sayur tanpa garam’ untuk menggambarkan sesuatu yang hambar. Tapi jika ingin sehat, Anda harus mulai memperhatikan konsumsi garam.

Faktanya, terlalu banyak garam bisa memicu masalah kesehatan serius seperti darah tinggi. Tapi sebelum itu terjadi, tubuh kita sebenarnya sudah memberikan reaksi peringatan. Apa saja itu?

1. Dalam kadar tinggi, garam bisa merusak keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Akibatnya, mulut akan terasa kering dan kepala sering terserang migrain. Agar tubuh tak dehidrasi, konsumsi garam harus benar-benar dipangkas.

2. Banyak makan garam juga bisa menyebabkan orang gampang terserang sakit kepala. Makan sesuatu yang terlalu asin bisa membuat kepala terasa berdenyut dan itu adalah hal yang natural.

3. Garam bisa memicu pembengkakan tubuh dan membuat perut menjadi kembung. Indikasinya sederhana, misal Anda kesulitan mengenakan atau melepaskan ikat pinggang.

Mengurangi garam saja tidak cukup. Anda juga harus sering-sering minum air putih dan sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan olahan yang kaya bahan pengawet dan perasa buatan. Menggunakan rempah-rempah organik lebih disarankan ketika memasak ketimbang menggunakan garam.

Baca Juga:  Inilah Hal-hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Komentar Anda