Inilah Hal-hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Makan

Seringkali kita makan dalam keadaan tergesa-gesa. Di sela-sela waktu yang menipis, kita harus segera menyelesaikan makan dan melakukan tugas lainnya. Di pagi hari misalnya, banyak orang melahap sarapannya dengan terburu-buru agar tak terlambat pergi ke sekolah atau tempat kerja.

Tak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa hal atau kegiatan yang perlu dihindari setelah mengonsumsi makanan. Karena jika hal-hal tersebut tidak diindahkan, maka kesehatan tubuh Anda bisa terganggu. Inilah lima di antaranya.

1. Merokok

Bagi para perokok, merokok setelah makan sangatlah nikmat, bahkan wajib dilakukan. Padahal hal ini berbahaya bagi tubuh. Zat nikotin bisa diserap tubuh dua kali lipat lebih banyak setelah makan, sementara tembakau akan menghalangi penyerapan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral.

2. Mandi

Mandi setelah makan ternyata bisa mengganggu metabolisme dan pencernaan. Pasalnya, suhu tubuh akan naik dan peredaran darah juga akan sedikit meningkat ketika mandi. Jika terpaksa harus mandi setelah menyantap makanan, setidaknya berilah jeda waktu sekitar setengah jam.

3. Tidur

Para ahli kesehatan menyarankan agar orang menunggu sekitar dua jam untuk tidur setelah makan. Sebabnya, tidur setelah makan bisa memicu berbagai ketidaknyamanan, seperti mulas. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa tidur setelah makan siang atau malam bisa menaikkan resiko terserang stroke.

4. Minum teh

Yang satu ini sangat umum kita lakukan, bahkan di banyak warung dan restoran teh adalah minuman yang biasa dipesan setelah makan. Menurut penelitian, teh yang diminum sesudah makan bisa mengganggu proses asimilasi mineral dan besi yang punya manfaat besar bagi tubuh. Jika ingin minum teh, tunggulah setidaknya satu jam setelah makan.

5. Olahraga

Olahraga memang bagus, tapi waktu untuk berolahraga juga harus diperhatikan. Dan salah satu waktu yang paling tidak disarankan untuk melatih fisik adalah setelah makan. Perut yang penuh karena makanan akan menjadi beban tubuh dan menimbulkan bermacam ketidaknyamanan, seperti cegukan, mual, dan yang paling sering kejang otot sekat rongga dada dan otot.

Komentar Anda