5 Cara dan Tips Minum Kopi yang Lebih Sehat

Ngopi

Minum kopi bagaikan kewajiban harian bagi banyak orang. Tanpa kopi, tubuh bisa terasa lemah dan pikiran kurang terfokus. Namun kita harus sadar bahwa segala yang berlebihan itu tak baik, termasuk kopi. Karena itu, jangan sampai kebiasaan ngopi yang salah justru bisa merugikan kesehatan Anda.

Ini adalah lima tips mudah yang bisa Anda praktikkan agar ngopi Anda semakin sehat dan pastinya: nikmat!

1. Jangan tambah terlalu banyak gula

Rasa alami kopi yang pahit biasanya akan dilawan dengan gula batu, dan campuran pahit-manis itulah yang nikmat. Setiap orang berbeda seleranya, ada yang suka kopi pahit, kopi semi pahit, dan kopi manis. Yang harus diwaspadai bukan kopinya, tapi gulanya.

Gula sudah dikenal luas sebagai salah satu penyebab obesitas, diabetes, dan gangguan lainnya, terutama karena kandungan fruktosanya yang tinggi. Karena itu, batasi gula yang Anda tuang ke dalam kopi. Akan lebih baik jika Anda memilih pemanis alami.

2. Pilih kopi organik

Seperti sayuran, mencari kopi organik itu gampang-gampang susah. Tanpa campur tangan bahan kimia seperti petisida dan herbisida, kopi organik jelas jauh lebih sehat. Banyak toksin dalam bahan-bahan pangan non-organik, yang jika dikonsumsi secara terus menerus bisa memberi dampak buruk pada kesehatan.

3. Campurkan kayu manis

Kopi tak harus selalu dicampur gula, kayu manis pun bisa lho! Herbal satu ini punya khasiat ampuh untuk menekan kadar gula dan kolesterol, dan dua masalah ini umum dijumpai pada para pecinta kopi garis keras.

Baca Juga:  Penjelasan Sederhana Tentang Albino dan Albinisme

4. Tambahkan cokelat

Cokelat kaya manfaat, seperti antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan resiko penyakit jantung. Cobalah membuat kopi dengan campuran bubuk cokelat dan jangan ditambah pemanis lainnya. Dijamin nikmat!

5. Jangan ngopi di atas jam dua siang

Di jam-jam itu, orang biasanya sudah merasa ngantuk dan letih, karena itu kopi akan dilirik biar kerja bisa lebih fokus dan berenergi. Tapi kebiasaan ini sebenarnya bisa mengganggu pola tidur Anda di malam hari. Jika jam tidur tidak teratur, maka kesehatan Anda yang jadi korbannya.

Komentar Anda