Kecanduan Kopi Parah? Lawan dengan Tiga Makanan Ini

Kopi Enak

Harus diakui bahwa kopi punya banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk mencegah kanker. Tapi harus pula diakui bahwa kandungan kafein dalam minuman hitam ini punya dampak buruk pada tubuh. Kafein bisa membuat kita kecanduan dan terus ingin ngopi.

The Health Site merilis sejumlah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menekan kecanduan pada kopi. Dan berikut tiga makanan yang paling efektif agar tak ketagihan ngopi.

1. Telur

Gantilah kebiasaan ngopi di waktu sarapan dengan melahap telur. Telur kaya protein dan bisa menyediakan banyak nutrisi serta energi untuk beraktivitas seharian penuh. Jika biasanya Anda mengandalkan kafein untuk menyuplai energi, cobalah perlahan ganti dengan sebutir telur.

2. Yogurt

Konstipasi akan terjadi jika Anda tiba-tiba mengurangi konsumsi kafein. Ini lantaran tubuh kita sudah terbiasa dengan efek diuretik kafein. Karena itulah berhenti ngopi tak bisa dilakukan secara mendadak dan frontal, tapi pelan-pelan. Dan probiotik semacam yogurt punya manfaat besar untuk melancarkan pencernaan setelah kafein hilang dari tubuh.

3. Ginseng

Ginseng mungkin agak susah didapatkan ketimbang telur dan yogurt, tapi herbal satu ini bisa meredam keinginan Anda untuk ngopi. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh ginseng ke dalam semangkuk sereal atau secangkir susu. Jika dilakukan secara rutin, ginseng akhirnya bisa membebaskan Anda dari ketergantungan pada kopi.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Asupan Vitamin D

Oh ya, selain tiga makanan di atas, Anda juga bisa mencoba minuman ampuh untuk mengatasi masalah kecanduan kopi, yaitu jus lemon. Rasanya memang sangat berbeda dengan kopi, tapi jus lemon bisa mengurangi hasrat untuk ngemil maupun ngopi.

Selain jus lemon, biji labu atau almond dan teh peppermint juga bermanfaat untuk mengganti kopi dan mengurangi sakit kepala yang ditimbulkan karena berhenti ngopi.

Komentar Anda