5 Tips untuk Belajar Bahasa Korea dengan Nonton Drakor

Bahasa Korea

Orang yang hobi nonton K-Drama pasti akan mengenal banyak sekali sisi dari kultur Korea yang unik, salah satunya bahasa. Bahkan banyak juga yang akhirnya menjadi tertarik mempelajari bahasa Korea gara-gara keseringan nonton drama. Kabar baiknya, kalian bisa melakukan keduanya sekaligus, yaitu nonton cerita-cerita romantis di drama sambil belajar bahasanya! Tapi bagaimana caranya?

Nah, berikut kami bagikan tips-tipsnya untuk kalian.

1. Pilih drama favorit yang tidak terlalu sulit

Untuk permulaan, pilihlah drama yang ringan, biasanya rom-com atau komedi romantis. Hindari dulu drama-drama berat yang bertema kedokteran, hukum, kerajaan, atau drama apapun yang fokus pada topik spesifik dan sulit. Drama-drama itu cenderung menggunakan kosakata dan tata bahasa yang lebih rumit dan sukar untuk dipahami. Drama yang lebih ringan memiliki bahasa yang lebih gampang.

Drakor

2. Nonton di ruangan yang tenang

Tontonlah drama Korea di ruangan yang sepi atau pada malam hari saat tidak ada suara berisik terdengar. Dengan cara ini, kalian bisa mendengarkan dengan jelas bagaimana para aktor berbicara dalam bahasa Korea. Seraplah sebanyak mungkin kosakata dasar yang kalian pahami serta cara pengucapannya. Untuk yang ini, perhatikan baik-baik bagaimana cara aktor mengucapkan kata-katanya melalui gerakan bibir serta ekspresi wajah.

3. Ulangi

Ketika melakukan tips kedua di atas, cobalah mengulangi apa yag diucapkan aktor. Pause video agar kalian bisa menirukan perkataan aktor. Ulangi dialog itu keras-keras seolah kalian adalah sang aktor itu sendiri. Perhatikan betul hal-hal penting seperti intonasi dan aksen.

4. Subtitle

Beberapa website streaming drama Korea seperti Viki punya subtitle dalam bahasa Inggris dan Korea. Jika memungkinkan, carilah subtitle Korea yang sudah diromanisasi alias yang tidak berbentuk huruf Hangul. Dengan cara ini kalian bisa memahami kata demi kata yang diucapkan aktor. Saat membaca subtitle, catatlah kosakata yang belum kalian ketahui, cari artinya, dan trik ini bisa meningkatkan perbendaharaan kosakata kalian dengan cepat.

5. Pemahaman dasar

Yang terakhir ini adalah saran persiapan. Sebelum mulai belajar bahasa Korea melalui drama, ada baiknya kalian mengenal sedikit tata bahasa Korea, bagaimana susunan katanya (subyek predikat obyek), jenis katanya (kata kerja, kata benda, dan lainnya), serta sejumlah ungkapan atau ekspresi umum seperti “apa kabar” dan lainnya. Dengan sedikit modal kosakata dan pemahaman tata bahasa itu kalian nggak akan ‘ngeblank’ dengan bahasa Korea, dan itu jadi awal yang bagus untuk belajar bahasa lewat drama.

Komentar Anda