5 Aktor yang Pernah Berperan Ganda di Drama Korea

Dual role alias peran ganda adalah jenis peran di mana seorang aktor harus memainkan dua peran sekaligus dalam sebuah film atau serial TV. Peran ganda itu bisa berupa kembaran sedarah (identik), kembaran tidak sedarah (doppelganger), atau kepribadian ganda (alter ego). Di drama Korea, kita mungkin pernah melihat peran semacam itu. Seorang aktor atau aktris yang diberi peran ganda haruslah mereka yang punya skill dan penjiwaan di atas rata-rata karena mereka harus membawakan dua orang yang berbeda sifat dan penampilannya secara sempurna dan tidak tertukar-tukar.

Nah, siapa saja aktor dan aktris Korea yang pernah sukses dengan peran gandanya?

1. Kim So-hyun (Who Are You – School 2015)

Kim So-hyun (Who Are You - School 2015)

Aktris remaja Kim So-hyun mendapat tantangan berat untuk membawakan dua karakter gadis yang hidup dalam situasi berbeda, yaitu Go Eun-byul dan Lee Eun-bi. Mereka sebenarnya adalah kembar identik yang terpisah sejak lahir. Jika Eun-byul hidup nyaman dan berkecukupan, Eun-bi justru hidup di panti asuhan dan menjadi korban pembullyan. Suatu ketika Eun-byul menghilang secara misterius dan Eun-bi yang kehilangan ingatannya karena percobaan bunuh diri secara keliru dianggap sebagai Eun-byul. Eun-bi pun mulai menjalani kehidupan sebagai Eun-byul.

2. Yang Jin-sung (Bride of the Century)

Yang Jin-sung (Bride of the Century)

Yang Jin-sung, aktris yang mungkin kurang familiar bagi kebanyakan pecinta drakor, mengambil peran sulit sebagai Na Doo-rim dan Jang Yi-kyung. Jika Doo-rim adalah gadis sederhana, manis, dan baik hati, Yi-kyung sebaliknya: dia modis, dingin, dan perhitungan. Dia adalah wanita yang akan menikah dengan Choi Kang-joo dari keluarga konglomerat, yang terkena kutukan 100 tahun di mana calon pengantin dari putra tertua akan mati. Yi-kyung benar-benar lenyap di malam pernikahannya, dan untuk menyelamatkan situasi, Doo-rim didatangkan sebagai penggantinya untuk sementara waktu.

3. Lee Yoo-ri (The Promise)

Lee Yoo-ri (The Promise)

Tak mudah untuk memerankan karakter kembar yang berbeda wataknya dalam drama sepanjang 102 episode, namun Lee Yoo-ri berhasil melakukannya dengan baik. Lee Nayeon adalah gadis baik hati yang hidup sebagai yatim piatu. Dia selalu mendukung kekasihnya yang berasal dari kalangan miskin, Kang Tae-joon, namun pria itu justru mencampakkan Nayeon demi mengejar kesuksesannya sendiri. Sementara itu Baek Do-hee adalah kembaran Nayeon yang terpisah sejak lama. Dia bekerja sebagai seorang reporter. Apa yang akan terjadi jika dua wanita yang kembar identik ini bertemu?

4. Soo Ae (Mask)

Soo Ae (Mask)

Dengan kemampuan akting veterannya, Soo Ae membawakan peran ganda sebagai Byun Ji-sook dan Seo Eun-ha, dua wanita yang nasibnya sangat bertolak belakang. Ji-sook hanyalah seorang karyawati biasa di sebuah pusat perbelanjaan, sementara Eun-ha adalah putri seorang pejabat dan serta tunangan seorang chaebol. Eun-ha dikelilingi oleh orang-orang ambisius yang selalu memperebutkan harta dan kekuasaan hingga dia mati. Ji-sook yang sangat mirip dengan Eun-ha pun kemudian dipaksa untuk menggantikan posisi Eun-ha. Bagaimana Ji-sook bisa menjalani kehidupan semacam itu?

5. Ji Sung (Kill Me, Heal Me)

Ji Sung Kill Me Heal Me

Dan peran ganda paling sulit dan menantang sukses dibawakan dengan sempurna oleh Ji Sung. Jika para aktor lain memerankan dua karakter, Ji Sung memainkan tujuh karakter sekaligus! Bedanya, ketujuh karakter tersebut bukanlah orang nyata, melainkan kepribadian dari dalam diri sang tokoh utama, Cha Do-hyun. Gangguan mental semacam ini disebut dissociative identity disorder (DID). Do-hyun ‘melahirkan’ kepribadian-kepribadian itu sebagai akibat dari kejadian traumatisnya di masa lalu. Dia kehilangan kontrol atas dirinya, dan dia meminta bantuan pada seorang psikiater bernama Oh Ri-jin.

Komentar Anda