Kopi: 12 Manfaat Kesehatan dan Beberapa Kerugian Minum Kopi

Banyak orang mengawali harinya dengan secangkir kopi. Orang-orang membuat kopi dengan berbagai cara, salah satunya adalah kopi tanpa susu alias hanya menggunakan air. Kopi ini disebut sebagai kopi hitam. Cara lain untuk membuat kopi adalah dengan menggunakan susu bersama air. Kopi ini tidak berwarna hitam dan rasanya berbeda dengan kopi hitam. Ada juga orang yang suka minum kopi tanpa gula. Ini semua murni bergantung pada pilihan dan selera masing-masing orang dalam mengonsumsi kopi.

Kopi

Kopi telah dipuji dan terkadang dikutuk selama berabad-abad. Orang dulu menganggapnya sebagai penyebab impotensi dan kegilaan. Pada saat yang sama, kopi adalah obat yang terkenal untuk menyingkirkan kemalasan dan juga obat terbaik untuk mendapatkan kembali suasana hati yang baik pada penderita depresi. Studi tentang kopi menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama daripada bukan peminum kopi.

Sekarang mari kita cari tahu apa sebenarnya pengaruh kopi terhadap kesehatan manusia.

Kopi mengandung kafein, zat psikoaktif bersama dengan banyak zat berbeda lainnya. Ada penelitian yang berpendapat bahwa kopi tanpa kafein dan kopi berkafein memiliki manfaat kesehatan yang serupa pada individu. Ini menunjukkan fakta bahwa kafein bukanlah zat yang menentukan manfaat kopi secara keseluruhan bagi kesehatan.

Berikut kami uraikan manfaat dan beberapa bahaya dari minum kopi.

Manfaat minum kopi

Kopi Cokelat

1. Kopi meningkatkan performa fisik Anda

Jika Anda meminum secangkir kopi hitam satu jam sebelum berolahraga, kinerja fisik Anda akan meningkat sebanyak 12%. Kafein dalam kopi berkhasiat untuk meningkatkan kadar adrenalin dalam darah. Adrenalin adalah hormon dalam tubuh yang membantu Anda melakukan aktivitas fisik.

2. Kopi membantu Anda tetap fokus dan terjaga

Asupan kopi secukupnya bisa membantu menjaga pikiran Anda tetap fokus. 1-5 cangkir sehari akan meningkatkan kewaspadaan mental Anda. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk selalu berkonsentrasi penuh, kopi akan jadi sahabat yang baik untuk Anda.

3. Peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah

Studi telah menunjukkan bahwa kematian dini pada peminum kopi 25% lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi. Dengan kata lain, kopi bisa membantu memperpanjang harapan hidup.

4. Kopi membantu mengurangi berat badan

Magnesium dan kalium yang ada di dalam kopi membantu tubuh kita menggunakan insulin, mengatur kadar gula darah, dan membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan ringan dan makanan manis.

5. Kopi mengurangi risiko stroke

Kebiasaan minum kopi 2-4 cangkir sehari dipercaya dapat mengurangi risiko terkena stroke.

6. Kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kafein menurunkan sensitivitas insulin Anda dan merusak toleransi glukosa. Oleh karena itu, minum kopi secara teratur bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

7. Kopi membantu Anda membakar lemak

Sel lemak dalam tubuh akan dipecah oleh kafein dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik.

8. Kopi melindungi tubuh Anda

Kopi memiliki banyak antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dan melawan radikal bebas di dalam tubuh.

9. Kopi mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi membantu menurunkan risiko pengembangan kanker prostat pada pria sebesar 20% serta kanker endometrium pada wanita sebesar 25%. Orang-orang yang mengikuti penelitian tersebut minum empat cangkir kopi sehari. Kafein dipercaya bisa mencegah berkembangnya karsinoma sel basal, sejenis kanker kulit.

10. Kopi mengurangi risiko penyakit Parkinson

Minum kopi secara teratur mengurangi risiko penyakit Parkinson sebesar 25%. Studi telah membuktikan bahwa kopi bisa memicu aktivitas di belahan otak yang dipengaruhi oleh Parkinson.

11. Kopi menyegarkan mood dan membantu mengurangi depresi

Kafein merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin, siklamin, dan noradrenalin yang berfungsi untuk meningkatkan mood. Dua cangkir kopi sehari dapat mencegah risiko bunuh diri hingga 50%.

12. Kopi melindungi otak Anda

Peningkatan kadar kafein dalam darah mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta mengurangi risiko demensia.

Kopi Hitam

Nah, selanjutnya kita akan langsung mengulas beberapa kerugian jika Anda minum kopi, terutama bila berlebihan, serta beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kerugian atau bahaya itu.

1. Kopi bisa menyebabkan kegelisahan dan sulit tidur

Kafein dalam kopi kadang-kadang bisa menimbulkan insomnia. Studi merekomendasikan asupan maksimal kopi adalah 4 cangkir sehari (400 ml). Jika Anda sensitif terhadap kafein, maka tidur Anda akan menjadi lebih banyak terganggu dibanding mereka yang tidak sensitif terhadap kafein. Cari tahu jenis kopi yang cocok untuk Anda dan jangan minum kopi setidaknya beberapa jam sebelum tidur. Selain itu, jangan sering minum kopi kuat yang mengandung kadar kafein tinggi.

2. Pilih kopi atau biji kopi berkualitas bagus

Kopi berkualitas buruk dapat memiliki efek negatif pada kesehatan serta menyebabkan penyakit dan perasaan tidak enak. Ini bisa terjadi jika kopi Anda terbuat dari biji yang tidak berkualitas baik. Jika Anda membeli bubuk kopi atau biji kopi berkualitas bagus, Anda tidak perlu khawatir dengan toksisitasnya.

3. Minumlah kopi dalam kuantitas sedang (tidak berlebihan)

Jika Anda minum kopi dalam jumlah besar setiap hari, katakanlah 20 cangkir sehari, ini bisa meningkatkan kadar kafein di dalam tubuh Anda dan ini bisa mematikan. Namun, tidak ada orang yang bisa mencapai titik asupan itu tanpa mual atau muntah. Asupan kopi yang disarankan maksimal per hari adalah 3-4 gelas.

4. Pilih kopi tanpa ampas untuk mendapatkan lebih banyak manfaat

Kopi tanpa ampas adalah kopi terbaik dalam hal rasa dan manfaat kesehatan. Biji kopi mengandung cafestol dan kahweol, dua bahan yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Penyaringan kopi mengurangi sebagian besar LDL. Sebagian besar ‘kopi masak’ dengan gaya Skandinavia, kopi Turki segar, dan Espresso mengandung sejumlah kecil cafestol dan kahweol di dalamnya.

Yang harus diketahui, orang dengan tingkat kolesterol normal tidak perlu khawatir dengan kandungan dan jenis kopi. Peringatan di atas hanya berlaku bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah, penelitian menunjukkan bahwa cafestol dan kahweol bisa memiliki beberapa efek anti kanker yang menguntungkan dan itu tentu bagus untuk kesehatan hati Anda.

5. Ibu hamil sebaiknya membatasi minum kopi

Disarankan agar ibu hamil hanya minum secangkir kopi sehari atau lebih baik berhenti minum kopi saat hamil. Studi telah menunjukkan bahwa jika Anda minum kopi saat hamil, kafein akan mencapai janin dan bayi Anda sangat sensitif terhadap kafein.

Nah itulah berbagai manfaat dan sedikit kerugian yang disebabkan minum kopi. Jika diteliti lebih lanjut, manfaat kopi sebetulnya telah melebihi potensi bahaya yang ditimbulkan. Ingatlah selalu bahwa mengonsumsi makanan atau minuman sesehat apapun haruslah secara moderat alias tidak boleh berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu pasti memiliki dampak buruk terhadap tubuh.

Dan satu lagi, jangan sampai berbagai informasi kurang valid seputar bahaya kopi bisa membuat Anda enggan ngopi. Manfaat ngopi sangatlah besar dan Anda akan rugi jika tidak mendapatkannya.

Komentar Anda