5 Cara Mengatasi Android yang Nggak Mau Nyambung Wi-Fi

Pengguna smartphone suka dengan koneksi Wi-Fi karena itu bisa menghemat kuota data (paketan internet). Selain itu, Wi-Fi biasanya juga lebih cepat dari kuota mobile, terutama bila Wi-Fi itu ada di tempat privat (seperti rumah), bukan Wi-Fi umum di area publik yang dipakai banyak orang. Namun terkadang ponsel Android kita tak mau nyambung dengan koneksi Wi-Fi yang ada, padahal sinyal Wi-Fi sudah ditangkap.

AndroWifi

Bagaimana solusinya? Gampang, lakukan lima langkah mudah ini.

1. Periksa jaringan

Kalau kebetulan modem Wi-Fi ada di rumah, pastikan dulu modemnya hidup dan semua lampu indikatornya menyala. Sebab kalau tidak, modem tersebut tak akan bisa memancarkan sinyal Wi-Fi. Bila semua lampu indikator sudah menyala tapi tetap tak bisa terkoneksi, mungkin ada trouble di pusat. Segera hubungi penyedia layanannya. Periksa pula apakah ponselmu sedang berada dalam modus pesawat terbang (airplane mode), sebab jika iya, maka pasti ponselmu tak akan bisa nyambung walau ikon Wi-Fi sudah ditekan.

2. Periksa nama router dan password

Setiap jaringan Wi-Fi punya nama router dan biasanya juga diproteksi password. Sebuah ponsel pintar bisa menangkap beberapa jaringan Wi-Fi sekaligus dan menyimpannya. Karena itulah pastikan dulu router yang sedang ingin kamu koneksikan dengan ponsel sudah benar, demikian pula dengan passwordnya. Jika nama router dan password sudah benar tapi tetap tak bisa nyambung, tanyakan pada pemilik router, barangkali passwordnya sudah diganti.

3. Restart router dan smartphone

Terkadang router mengalami kendala saat menyala, tiba-tiba terputus atau jaringannya bermasalah. Jika koneksi mendadak lemot lalu hilang, restart saja routernya, jika perlu restart pula ponselmu. Percaya atau tidak, cara simpel ini terkadang cukup ampuh untuk mengembalikan speed Wi-Fi yang turun atau jaringannya yang hilang.

4. Hapus jaringan yang terdeteksi di smartphone

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, smartphone akan menyimpan jaringan-jaringan mana saja yang pernah disambungkan dengannya. Jika ada kendala dengan jaringan lama, cobalah hapus jaringan (forget network) dari ponsel kamu lalu sambungkan kembali. Jika jaringan tersebut meminta ulang password, masukkan passwordnya dengan benar.

5. Factory reset smartphone

Jika semua cara di atas tetap tak bisa, maka lakukan factory reset (reset pabrik) pada perangkatmu. Yang harus diperhatikan, factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel, karena itu sebelumnya amankan dulu data-datamu seperti foto, video, lagu, atau file lainnya. Ini perlu dilakukan untuk membuang bug, virus, atau malware yang mungkin saja ada di software ponselmu. Dan jika setelah factory reset tetap tak bisa membuat ponselmu nyambung dengan Wi-Fi, maka saatnya kamu memeriksakannya ke tukang service 🙂

Komentar Anda