Apakah BLACKPINK Bisa Mengalahkan TWICE? Atau Sebaliknya?

Melihat popularitas besar dua girlband K-Pop ini, publik terpancing untuk bertanya-tanya: akankah BLACKPINK dari YG Entertainment ini bisa mengalahkan TWICE dari JYP Entertainment? Tentu jawabannya bisa berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Namun yang pasti, BLACKPINK takkan bisa mengalahkan TWICE, sama seperti 2NE1 tak bisa mengalahkan SNSD. Mengapa?

BLACKPINK
BLACKPINK

Jawabannya adalah karena TWICE juga tak bisa mengalahkan BLACKPINK, demikian pula SNSD takkan bisa mengalahkan 2NE1. Kedua grup punya konsep yang begitu berbeda dan mereka punya pasar audiens sendiri-sendiri.

Audiens utama BLACKPINK adalah para gadis muda yang ingin terlihat cool dan berbeda seperti mereka, sementara pasar TWICE adalah para pria muda yang ingin punya kekasih seperti mereka. Dengan kata lain, TWICE dan BLACKPINK tak perlu saling menyungkurkan.

Kedua grup sama-sama sangat populer dan hal itu akan bertahan cukup lama. BLACKPINK adalah grup berukuran kecil dengan deretan gadis seksi sebagai membernya. Mereka punya member yang besar di Australia dan Thailand yang fasih berbahasa Inggris, karena itulah mereka cenderung lebih populer di dunia Barat dan Asia Tenggara. Ini dibuktikan dengan pencapaian view YouTube dan penjualan iTunes mereka yang sangat baik.

TWICE
TWICE

Sedangkan TWICE adalah grup berukuran besar dengan beberapa member dari Jepang dan Taiwan, karena itulah album mereka laku keras di dua negara itu. Imej TWICE membuat mereka juga cocok untuk pendengar non remaja yang berusia 20 tahunan ke atas. Mereka sepertinya masih akan terus mempertahankan daya tarik mainstream ini untuk comeback-comeback mendatang.

Namun bila BLACKPINK masih berusaha untuk menjadi girlband nasional Korea, TWICE sudah berhasil melakukannya. Ini lantaran TWICE sedikit lebih senior dibanding BLACKPINK dan punya lebih banyak album dan lagu. Style dan audiens mereka memang tak bisa diadu satu sama lain, tapi soal popularitas global, agaknya menarik untuk melihat siapa yang nantinya akan lebih dominan dalam 2-3 tahun mendatang.

Baik BLACKPINK maupun TWICE tak boleh melakukan kesalahan atau menciptakan skandal yang bisa merusak citra grup. Mereka juga dituntut untuk terus mempertahankan kualitas musik dan perform mereka secara keseluruhan, di samping terus menjaga imej dan meningkatkan pamor setiap membernya.

Itu bukanlah tugas yang mudah, tapi rasanya BLACKPINK dan TWICE akan mampu melakukannya dengan sempurna.

Komentar Anda