Layakkah TWICE Diperbandingkan dengan Girls’ Generation?

Kita tentu paham bahwa TWICE bukanlah SNSD/Girls’ Generation. Kedua grup punya daya tarik sendiri-sendiri. Tapi tentu tak ada salahnya untuk memprediksi apakah TWICE akan mampu mengungguli Girls’ Generation. Ketika di salah satu forum seorang fans mengajukan pertanyaan, “Apakah TWICE akan jadi Girls’ Generation baru?” netizen ramai-ramai menjawab “Tidak!” Mengapa? Apa alasannya?

TWICE

TWICE memang sudah membuktikan kehebatan mereka dengan peningkatan popularitas yang tajam dan penjualan album yang menggila, bahkan mungkin sudah mengalahkan Girls’ Generation. Tapi Girls’ Generation punya semua hal yang dibutuhkan sebuah girlband untuk sukses dan bertahan selama bertahun-tahun.

Untuk layak disebut “The Next SNSD,” sebuah grup harus memenuhi setidaknya dua syarat ini:

1. Karir panjang yang stabil dan penuh kesuksesan

TWICE baru saja masuk tahun keduanya, yang artinya eksistensi mereka masih sangat jauh dibandingkan Girls’ Generation yang sudah berkarir selama 10 tahun. Butuh lebih dari dua tahun untuk menilai keberhasilan sebuah grup.

Apink sempat dipertimbangkan menjadi penerus Girls’ Generation, namun meski mereka juga sukses, mereka tak pernah benar-benar berada di puncak. TWICE sudah melakukan itu dan mereka harus konsisten.

2. Kemampuan untuk sukses sebagai grup, sub-unit, dan artis solo

Sekali lagi, hanya waktu yang bisa memastikan hal ini. Girls’ Generation punya lima orang vokalis, di mana dua di antaranya adalah yang terbaik di K-Pop. Mereka pun sudah punya sub-unit dan para membernya sudah bersolo karir.

TWICE kurang dalam hal vokal, jauh di bawah Girls’ Generation dan bahkan BLACKPINK. Tapi waktu juga akan menunjukkan apakah kemampuan para member TWICE bisa meningkat secara signifikan.

Setelah faktor-faktor ‘negatif’ di atas, kita akan membahas faktor-faktor yang lebih positif.

TWICE MEMBER

1. TWICE sudah punya daya tarik yang sangat besar di mata publik. Mereka kini hanya butuh satu figur artis kuat untuk masuk dunia drama (seperti Yoona dan Suzy) sebelum mereka benar-benar layak jadi grup legendaris.

2. Kepribadian member di mata publik juga mempesona. Mereka hanya perlu menghindari skandal-skandal besar (seperti skandal bendera Tzuyu yang sudah clear) dan mereka bisa menikmati guyuran cinta secara berkelanjutan dari fandom Korea dan internasional.

3. Alasan utama kenapa banyak orang menyetarakan TWICE dengan Girls’ Generation adalah karena TWICE mampu mengeksekusi konsep mainstream yang dibawakan pendahulunya itu. Banyak grup lain gagal ketika mereka mencoba meniru Girls’ Generation.

Kita boleh yakin bahwa TWICE akan terus besar namanya di kancah K-Pop. Di setiap comeback mereka selalu mengusung konsep atraktif dan kreatif. Dan tak bisa diragukan lagi, TWICE adalah kandidat paling kuat saat ini untuk meneruskan kedigdayaan Girls’ Generation di panggung K-Pop.

Komentar Anda