Kenapa Visual K-Pop Jarang Mendapat Porsi Menyanyi yang Besar?

Ada anggapan bahwa visual boyband/girlband K-Pop selama ini kurang mendapatkan porsi menyanyi karena sebagian besar dari mereka direkrut berkat tampang, bukan karena skill vokal, rap, atau dance mereka. Hal itu tak sepenuhnya benar karena setiap member pada dasarnya sudah diberi tugas masing-masing untuk grupnya.

Jin

Meski semua idol rupawan, idol yang sedikit kurang menarik dapat pula terpilih menjadi member grup karena mereka bisa bernyanyi dengan baik. Mereka bisa membantu memperbaiki aspek musikal grupnya. Begitu juga dengan seorang dancer yang bisa memimpin para member lain dan meningkatkan aspek perform grup.

Apa yang dibawa visual untuk grup sama pentingnya. Mereka menjadi ‘wajah’ agar grup mereka dikenal. Daya tarik visual mereka akan mendatangkan lebih banyak penggemar. Dara membawa banyak ketenaran awal pada 2NE1 dengan imej pacar ideal idol pria, dan penampilan menarik Jin BTS membuatnya sering trending di pencarian online. Hal ini penting untuk publisitas sebuah grup secara keseluruhan.

Jadi di dunia K-Pop, visual dianggap sebagai peran yang sama pentingnya dengan peran-peran lainnya. Karena visual sudah punya tugas yang penting, mereka tidak diwajibkan menjadi penyanyi atau dancer yang bagus. Dan karena idol yang bukan visual harus mengasah talenta mereka untuk bisa dipilih oleh perusahaan, kemungkinan besar skill mereka akan sangat hebat.

Dengan demikian, tak heran bila para vokalis mengambil sebagian besar porsi menyanyi karena itu memang tugas mereka. Visual, sama seperti dancer, tak terlalu banyak bernyanyi karena itu bukan tugas spesifik mereka. Mereka hanya harus memastikan diri mereka selalu terlihat atraktif dan menunjukkan kepribadian yang baik pada semua penggemar.

Komentar Anda