Influence Queen dan Apa yang Membuat Mereka Sukses

Queen adalah salah satu band rock terhebat yang pernah ada, tapi tentu saja Freddie Mercury, Roger Taylor, Brian May, atau John Deacon sangat dipengaruhi oleh seseorang untuk menciptakan musik yang begitu indah.

Queen

Mari kita mulai dengan Freddie Mercury. Dia adalah seorang jenius musik dan meskipun ia memiliki range 4 oktaf yang unik, dia terinfluence oleh beberapa musisi.

Pertama, pengaruh yang menonjol adalah Robert Plant dengan kemampuan menyanyinya atau Elvis Presley dengan suara Rock n’ Rollnya yang magis. Pengaruh besar lain pada Mercury adalah Aretha Franklin yang dikenal karena nyanyian Injilinya.

Semua lagu Queen sangat teatrikal dan menakjubkan, itulah sebabnya mereka begitu unik. Tapi kita bisa mendengar beberapa pengaruh dari band-band papan atas seperti the Beatles, Deep Purple, Led Zeppelin, The Who, Genesis, David Bowie, Cream, atau bahkan Jimi Hendrix dengan solo epik Brian May.

Di Queen, keempat anggotanya saling mendorong satu sama lain untuk menjadi penulis lagu -untuk menulis lagu lengkap, termasuk liriknya. Ini mungkin sedikit mengejutkan penggemar kasual yang percaya bahwa Mercury menulis sebagian besar lagu hits mereka.

Cara ini di samping bisa memadamkan argumen di antara personil band tentang kredit penulisan lagu, juga bisa mendorong setiap anggota untuk memikirkan penciptaan lagu secara total, tidak hanya memasukkan sentuhan instrumen mereka dalam sebuah lagu. Sebagian besar band legendaris memiliki bakat seperti itu, tapi Queen adalah salah satu yang terbaik.

Setiap bagian instrumental, setiap vokal, ada pada tempatnya dan dalam takaran yang pas. Dan Freddie sebagai frontman atau entertainer tampak tidak keberatan bila May atau Taylor maju dan mengambil posisi lead vocal kapanpun mereka mau.

Memang ada ego band -mereka tahu apa yang bisa mereka lakukan bersama- tapi tidak banyak ego individual di Queen. Mereka semua bisa bergaul dengan baik, tidak seperti kebanyakan band. Dan bahkan setelah John Deacon pergi dari band dan bisnis musik, para member tersisa tidak pernah mengatakan sesuatu yang buruk tentangnya selain harapan baik untuknya. Itulah hal yang membuat Queen besar dan menjadi legenda.

Komentar Anda