10 Fakta Unik Tentang Robert Lewandowski

Loading...

Robert Lewandowski adalah pesepakbola Polandia yang lahir pada tanggal 21 Agustus 1988. Penyerang tajam ini merupakan kapten sekaligus ujung tombak tim nasional Polandia yang telah mencetak puluhan gol untuk tim-tim yang pernah dibelanya, mulai dari Znicz Pruszków, Lech Poznań, Borussia Dortmund, hingga Bayern Munich. Ketajaman Lewandowski membuat dia selalu menjadi pilihan utama di sektor penyerangan, baik di level timnas maupun klub.

Robert Lewandowski

Berikut fakta-fakta menarik tentang pemain bertinggi badan 185 cm ini.

1. Lewandowski pernah menjadi top skor di divisi tiga Liga Polandia dengan torehan 15 gol dan membantu timnya, Znicz Pruszków, promosi. Di musim berikutnya, dia menjadi top skor divisi dua Liga Polandia dengan 21 gol.

2. Dia pernah mencetak prestasi sensasional di Munich dengan melesakkan lima buah gol ke gawang VfL Wolfsburg hanya dalam waktu 9 menit. Rekor ini belum bisa dipatahkan oleh pemain manapun sampai saat ini. Dia bahkan mendapat sertifikat dari Guinness World Records atas pencapaian fantastis ini.

3. Di tahun 2015, The Guardian menobatkan Lewandowski sebagai pesepakbola terbaik kelima di dunia.

Loading...

4. Lewandowski adalah pencetak gol terbanyak Polandia sepanjang masa dengan koleksi lebih dari 50 gol.

Robert Lewandowski2

5. Ayah Lewandowski adalah seorang jawara judo Polandia dan mantan pemain sepakbola yang pernah memperkuat tim Hutnik Warszawa di divisi dua. Sedangkan ibunya adalah mantan pemain voli AZS Warszawa. Adik perempuannya, Milena, juga pemain voli dan menjadi bagian dari timnas U-21.

6. Sang istri, Anna Lewandowska, adalah seorang karakteka wanita yang pernah menyabet medali perunggu di Piala Dunia Karate 2009.

7. Lewandowski adalah pemeluk agama Katolik. Saat Bayern Munich mengunjungi Vatican City setelah mengalahkan AS Roma dengan skor 7-1 pada bulan Oktober 2014, dia menyempatkan diri bertemu Paus Francis.

8. Pada tanggal 4 Mei 2017, putri pertamanya lahir dan diberi nama Klara.

9. Banyak rekor yang dipegang Lewandowski, salah satunya adalah menjadi pemain Eropa pertama yang mencetak 16 gol di kualifikasi Piala Dunia.

10. Sejauh ini, Lewandowski telah dua kali menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga, yaitu di edisi 2013-14 dengan 20 gol dan edisi 2015-16 dengan 30 gol.

Loading...

Komentar Anda