10 Fakta Tentang Satu-satunya Album Milik Jonghyun, “She Is”

Selain dikenal sebagai personel boyband SHINee, mendiang Kim Jonghyun yang tewas karena bunuh diri pada tanggal 18 Desember 2017 itu juga sudah bersolo karir. Dia merilis sebuah album full-length berjudul She Is pada tanggal 24 Mei 2016. Album ini dirilis oleh S.M. Entertainment dan didistribusikan oleh KT Music. She Is dengan demikian menjadi album studio pertama sekaligus terakhir dari Jonghyun yang selama ini sudah digadang-gadang akan menjadi penyanyi solo terbaik.

Kim Jonghyun

Sebelumnya, Jonghyun sudah debut sebagai solois pada tanggal 12 Januari 2015 lewat mini album (EP) berjudul Base. Dia juga pernah merilis dua album kompilasi, yaitu Story Op.1. dan Story Op.2, masing-masing di tahun 2016 dan 2017. Tapi She Is adalah album studio Jonghyun yang pertama dan satu-satunya.

Daftar lagu album She Is:

  1. “She Is”
  2. “White “T-Shirt”
  3. “Orbit”
  4. “Moon”
  5. “AURORA”
  6. “Dress Up”
  7. “Cocktail”
  8. “RED”
  9. “Suit Up”

Ada beberapa hal yang perlu kalian tahu seputar album ini.

1. Menurut catatan riwayat penyuntingan Wikipedia, laman tentang album She Is telah diedit beberapa saat setelah Jonghyun meninggal dunia. Selain menambahkan konteks baru yang mengindikasikan bahwa sang penyanyi sudah tiada, ada seorang user yang dengan sengaja menambahkan kata “LEGEND” di depan nama Jonghyun, sesuatu yang tentu saja bertentangan dengan style dan tone penulisan Wikipedia.

Baca Juga:  10 Artis Tercantik Korea yang Paling Eksis di Tahun 2017

She Is

2. Album She Is terdiri atas sembilan buah lagu yang durasi totalnya adalah 29 menit 52 detik.

3. Jonghyun merilis album bergenre R&B/Soul, dance, dan Neo Soul ini melalui berbagai situs musik pada tanggal 24 Mei 2016. Dia lalu mempromosikannya di acara M Countdown di Mnet dua hari kemudian.

4. Jonghyun menyebut albumnya ini akan membuat orang paling bisa merasakan passionnya sebagai penyanyi dan penulis lagu.

5. She Is juga mengcover beberapa genre lain seperti elector-punk dan EDM.

Kim Jonghyun1

6. Delapan dari sembilan lagu di album ini diciptakan sendiri oleh Jonghyun (kecuali lagu “White T-Shirt”). Sedangkan seluruh lirik dari sembilan lagu ini dikerjakan oleh Jonghyun.

7. Untuk mempromosikan album ini, Jonghyun mengusung gaya busana yang merefleksikan elemen dari tren SHINee yang mencakup kostum warna-warni dan jeans ketat dan robek-robek ala 90-an.

8. Album She Is berhasil memuncaki chart album Gaon Korea Selatan antara tanggal 22-28 Mei 2017. Album ini bertahan selama tiga minggu di 10 besar chart dan total lima minggu di 100 besar chart.

9. Di Amerika Serikat, She Is masuk dan melesat ke peringkat empat di chart album dunia Billboard pada tanggal 11 Juni 2016, yang mencatatkan ranking lagu debutan tertinggi di minggu itu. Masih di minggu yang sama, She Is menempati urutan 10 di chart Heatseekers Albums dari Billboard.

Baca Juga:  Nama Pemain dan Fakta Film Into the Woods (2014) | Hollywood

10. She Is total telah terjual sebanyak 55.989 kopi sejak dirilis. Lagu ini juga memperoleh penghargaan dari acara The Show (SBS MTV) dan Show Champion (MBC Music).

Komentar Anda