7 Aktor Korea yang Belum Digaji Setelah Bermain Drama TV

Tak selamanya industri drama Korea lancar dan jauh dari masalah yang memalukan. Faktanya, ada kasus di mana sejumlah aktor top tidak mendapat bayaran setelah mereka berakting di sebuah serial drama. Masalah pembayaran artis ini menjadi sorotan media dan publik karena tak seharusnya terjadi. Berikut tujuh artis yang pernah mengalaminya.

Ku Hye-sun

Ku Hye-sun

Menurut laporan Soompi, YG Entertainment menyatakan bahwa artis mereka, Ku Hye-sun, tidak mendapatkan gajinya setelah bermain di sebuah drama TV pada tahun 2011. Mereka tidak menyebutkan drama apa yang dimaksud, tapi jika dilihat dari filmografi Hye-sun, di tahun itu dia membintangi drama The Musical di SBS.

Hye-sun dikabarkan rugi sekitar 260 juta won. Pihak YG sudah menagih hak sang artis pada pembuat drama itu dan melaporkan mereka pada Korea Entertainment Management Association (KEMA). Namun sampai saat ini hasilnya masih nihil karena bagaimana pun KEMA tak punya kewenangan hukum.

Lee Na-young

Lee Na-young

Di tahun 2010, aktris Lee Na-young diduetkan bersama Rain dalam drama action The Fugitive: Plan B yang cukup populer di Asia. Namun hal memalukan terjadi. Rumah produksi drama itu ternyata sudah tutup dan tak beroperasi lagi sehingga sejumlah aktor mengalami masalah pembayaran, termasuk para aktor utama.

Lee Na-young belum menerima gajinya sebesar 360 juta won, sedangkan Rain belum mendapat bayaran penuh. Aktor utama kedua, Lee Jung-jin, bayarannya kurang 35 juta won.

Baca Juga:  10 Fakta Unik di Balik Film Star Trek Beyond (2016)

Kim Min-jung

Kim Min-jung

Nasib apes juga dialami aktris Kim Min-jung, bintang drama Strike Love yang disiarkan di tahun 2009 oleh MBC. Min-jung yang mendapat peran wanita utama itu dikabarkan tidak menerima bayaran samasekali dari total gajinya yang jumlahnya 105 juta won.

Agensi sang aktris, Signal Entertainment, sudah membawa kasus ini ke Korea Entertainment Management Association. KEMA pun melakukan penyelidikan pada pihak produser drama dan MBC. Namun tak diketahui bagaimana hasil akhirnya.

Ji Sung dan Sung Yuri

Jisung Yuri

Drama tahun 2009, Swallow the Sun, mendapat rating yang cukup memuaskan meski produksi sempat terhenti karena wabah flu babi yang menyerang delapan anggota kru. Konferensi pers drama terpaksa ditunda dan tanggal rilis pun diundur. Tapi itu bukanlah satu-satunya masalah drama ini.

Dua aktor utama, Ji Sung dan Sung Yuri, sama-sama bermasalah dengan gaji mereka. Gaji Ji Sung masih kurang 15 juta won, sedangkan Yuri justru tak dibayar sepeser pun dari gajinya yang seharusnya berjumlah 80 juta won. Bahkan sampai saat ini masalah ini belum juga selesai.

Yuri sudah membawa masalah ini ke Korea Entertainment Management Association, sedangkan Ji Sung masih belum mengambil tindakan. Pihak SBS yang menyiarkan drama tersebut sejauh ini belum memberikan konfirmasi.

Jung Yoo-mi dan Gong Seung-yeon

Jung Yoo-mi dan Gong Seung-yeon

Drama bertema balas dendam dari tahun 2016, Master: God of Noodle, menyisahkan masalah yang berlarut. Dua aktris utamanya, Jung Yoo-mi dan Gong Seung-yeon, mengaku belum mendapat bayaran full atas penampilan mereka.

Baca Juga:  5 Fakta Henry Cavill, Pemeran Clark Kent / Superman | Justice League

Gaji Jung Yoo-mi kurang 80 juta won, sedangkan Gong Seung-yeon tak menyebutkan berapa kekurangannya. Pihak kedua artis ini sama-sama masih menunggu itikad baik dari rumah produksi untuk membayarkan hak mereka. Mereka belum punya rencana untuk melayangkan tuntutan hukum.

Komentar Anda