9 Artis Top dari Korea Ini Pernah Menulis dan Merilis Buku

Seorang artis Korea biasanya dikenal karena karya-karyanya, baik itu single dan albumnya atau penampilannya di film dan serial drama. Semua itu memang sudah mereka lakukan, tapi di luar itu mereka juga punya minat di bidang lain, seperti menulis. Hebatnya, meski tidak berstatus sebagai penulis profesional, mereka tetap bisa merilis sebuah buku best-selling lho. Keren ya. Di sela-sela kesibukan sebagai artis, mereka masih sempat menulis.

Mari kita sapa para artis cerdas ini.

1. Ku Hye-sun

Ku Hye-sun

Aktris dan sutradara cantik yang pernah membintangi Boys Before Flowers ini punya banyak keahlian, termasuk menyanyi dan menulis. Ketika dia bermain di drama itu, dia menyempatkan diri menulis sebuah novel berilustrasi berjudul Tango. Novel itu mengisahkan seorang gadis berusia 20 tahunan yang menjalani dua hubungan berbeda sebelum menjadi seorang wanita matang. Novel itu menjadi best seller dan terjual 30 ribu eksemplar hanya dalam satu minggu.

2. Lee Hong-ki

Lee Hong-ki

Lee Hong-ki dikenal punya passion besar di bidang nail art sejak tahun 2010, tapi dia baru mengakuinya secara publik di tahun 2013. Menurutnya, Sulli f(x) adalah orang yang menginspirasinya untuk mengejar karir di bidang nail art. Tak cuma itu, pentolan F.T. Island ini bahkan menerbitkan sebuah buku berjudul Lee Hong-gi’s Nail Book yang menampilkan berbagai teknik dan desain nail art. Buku itu laku keras dan menunjukkan dukungan publik yang besar untuk nail art pria.

Baca Juga:  18 Drama Korea Tentang Percintaan di SMA dan Kampus Terbaik

3. Lee Hyori

Lee Hyori

Selain menyanyi, Lee Hyori juga aktif berkegiatan sosial. Pada tahun 2012, dia merilis buku foto-esai berjudul Closer yang fokus membahas kehidupannya sehari-hari dengan anjingnya, Soonshim, yang dia adopsi dari tempat penampungan hewan. Di buku itu, Hyori mencurahkan pemikirannya tentang hak-hak binatang dan masalah penampungan hewan serta sentimennya terhadap penggunaan bulu binatang.

4. Jonghyun

Buku Artis KPop

Mendiang Jonghyun selain dikenal karena karya-karya musiknya dan kiprahnya bersama SHINee ternyata juga meninggalkan kita dengan sebuah karya buku berjudul Skeleton Flower: Things That Have Been Released and Set Free yang berisi inspirasi dan pengalamannya dalam menulis lagu. Buku itu dirilis pada bulan September 2015.

5. Hyoyeon

Hyoyeon

Hyoyeon adalah member Girls’ Generation pertama yang berhasil merilis sebuah buku, yaitu Hyo Style, pada tanggal 1 Juli 2015. Di buku itu, vokalis cantik ini membagikan tips-tips kecantikan, mode, dan gaya hidup. Buku itu berisi 142 halaman dengan bonus DVD. Hebat juga ya Hyoyeon bisa membuat buku setebal itu di tengah kesibukannya!

6. Jang Geun-suk

Jang Geun-suk

Penyanyi dan aktor papan atas, Jang Geun-suk¸ berbagi minatnya pada masakan melalui sebuah buku resep berjudul Jang Keun Suk Love Recipe. Buku itu dirilis di tahun 2012 ketika dia membintangi drama Love Rain. Buku masakan Jepang itu berisi banyak resep yang ditulis secara terperinci lengkap dengan foto, tips, dan berbagai catatan khusus dari Geun-suk.

Baca Juga:  5 Fakta Unik Tentang Oscar Isaac

7. Park Han-byul

Park Han-byul

Model dan penyanyi seksi, Park Han-byul, dulu pertama kali dikenal publik karena kemiripannya yang luar biasa dengan superstar Jun Ji-hyun. Selain juga berakting, dia pernah menulis sebuah buku tentang gaya hidup berjudul Park Han Byul’s Tip Story. Di sana dia membahas banyak hal, mulai dari fashion sampai fotografi dan bahkan membongkar kisah asmaranya dengan Se7en.

8. Lay

Lay

Lay adalah satu-satunya member EXO yang menulis buku. Tak tanggung-tanggung, dia merilis sebuah otobigrafi di tahun 2015 yang memecahkan berbagai rekor penjualan buku online. Buku berjudul Standing Firm At 24 itu mendokumentasikan momen-momen penting dalam hidupnya selama ini. Tak hanya laku keras, buku Lay ini juga masuk dalam berbagai daftar buku selebriti Asia terbaik.

9. Tablo

Tablo

Daniel Armand Lee alias Tablo adalah musisi yang sangat kondang. Rapper, penulis lagu, produser rekaman, host radio, aktor, pengusaha, dan bahkan penulis lagu adalah deretan profesi yang telah dia jalani. Dia merilis buku best-seliing Pieces of You dalam bahasa Inggris dan Korea serta BloNote. Di buku pertama, dia membagikan banyak cerita pendek karyanya, sedangkan di buku kedua dia membagikan koleksi pemikirannya dalam bentuk kutipan.

Komentar Anda