Fakta-fakta Leader Grup Idol K-Pop, Berat Tapi Membanggakan

Di setiap grup idol K-Pop, ada sosok leader yang memikul tanggungjawab berat. Di setiap grup ada dancer utama, vokalis utama, rapper utama, dan visual, tapi posisi yang paling berat adalah sebagai pemimpin alias leader. Meski tak selalu tampil menonjol, kehadiran leader sangat penting untuk menjaga kekompakan dan keutuhan tim. Nah, inilah fakta-fakta menarik tentang leader boyband/girlband K-Pop yang perlu kalian tahu.

Juru bicara grup

Leader TWICE

Entah itu dalam rangka memperkenalkan lagu, album, konsep, atau grup itu sendiri, seorang leader harus bisa menjadi juru bicara grup. Tak mudah menjadi pembicara di depan media dan fans yang disaksikan banyak pasang mata, tapi seorang leader harus mampu melakukannya dengan baik. Dan bila ada kesalahan terjadi, leader harus siap bertanggungjawab dan meminta maaf atas nama grup.

Memikul tanggungjawab besar

Kita mungkin terkadang lupa bahwa leader adalah seorang idol yang baru berumur 20-an, namun tanggungjawab yang mereka emban begitu besar, demikian pula dengan tekanan dari banyak pihak. Namun peran sebagai leader akan mendewasakan seorang idol. Di saat-saat sulit, leader harus hadir menenangkan rekan-rekannya meski dia sendiri sudah lelah secara fisik dan mental.

Harus menjadi member “serius”

Taeyeon

Meski leader boleh bercanda dengan para member, job utama mereka tetaplah menjadi idol dan mereka harus bisa mengontrol para member. Semenyenangkan apapun situasi, jika tiba waktunya bekerja leader harus menghentikan segala kesenangan. Karena itulah terkadang leader juga dijuluki “polisi” oleh member lain.

Sering digoda member lain

Biasanya karena leader adalah orang yang matang, tenang, dan berhati besar, member yang nakal sering mengerjai mereka. Namun di saat-saat serius, member tetap bisa menghormati leader mereka.

Mereka biasanya yang tertua

RM

Dulu leader ditentukan oleh umur dan senioritas, tapi sekarang tiap grup punya kriteria sendiri-sendiri. Leader dua grup populer saat ini, TWICE dan BTS, bukanlah member tertua. Leader dipilih dari member yang paling dewasa. Tapi saat ini kebanyakan leader adalah member tertua.

Sering diledek soal umur

Karena biasanya leader adalah yang tertua, mereka sering diledek soal umur melalui berbagai julukan, misalnya “oppa,” “auntie,” dll. Leader EXID bahkan dijuluki “Heoreushin” dari kata “Eoreushin” yang berarti orangtua.

Mediator grup

Leader musti bisa menjadi jembatan antara fans, media, dan publik. Selain itu, mereka juga harus menjadi mediator bagi para member. Untuk melakukannya, leader butuh kesabaran, kebijaksanaan, sekaligus ketegasan.

Well, memang berat tugas seorang leader. Tapi posisi itu tetap membanggakan! Siapa leader favoritmu guys?

Komentar Anda