10 Fakta Menarik Penyerang Perancis Kylian Mbappé

Kylian Mbappé Lottin adalah penyerang muda nan menjanjikan yang dimiliki timnas Perancis saat ini. Bermain sebagai ujung tombak PSG, pria kelahiran 20 Desember 1998 ini sudah bersinar sejak remaja dengan menjadi bintang di akademi AS Bondy, INF Clairefontaine, dan Monaco. Di tim yang disebut terakhir, Mbappé memulai karir profesionalnya. Tiga musim di Monaco, Mbappé menyarangkan 16 gol dari 41 penampilannya.

Kylian Mbappe

Berikut fakta-fakta menarik seputar Mbappé.

1. Mbappé menjadi pencetak gol termuda Perancis di Piala Dunia lewat sebuah gol yang dilesakkannya ke jala Peru dalam Piala Dunia 2018.

2. Dengan kesepakatan nilai jual seharga 180 juta euro dari Monaco ke PSG, Mbappé menjadi pemain remaja termahal dan pemain termahal kedua di dunia.

3. Mbappé lahir di Perancis, namun ayahnya (Wilfried) adalah keturunan Kamerun dan ibunya (Fayza) adalah keturunan Aljazair. Fayza adalah mantan pemain handball, sedangkan saudara angkatnya, Jirès Kembo Ekoko, juga merupakan pemain sepakbola.

4. Mbappé menyatakan bahwa semasa remaja dia mengidolakan Cristiano Ronaldo.

5. Ayahnya, Wilfried, adalah agen sekaligus pelatihnya.

Kylian Mbappe2

6. Ketika tampil impresif di akademi Clairefontaine, Mbappé menarik perhatian banyak tim raksasa Eropa seperti Real Madrid, Bayern Munich, Chelsea, Liverpool, dan Manchester City yang berhasrat mengontraknya. Di usia 11 tahun dia bahkan pernah menjajal Chelsea dan bermain di laga tim junior melawan Charlton Athletic.

Baca Juga:  7 Pelatih Sepak Bola Bergaji Tertinggi di Tahun 2015

7. Mbappé dikenal sebagai talenta besar yang menurut Arsène Wenger punya banyak kesamaan dengan legenda Perancis, Thierry Henry. Sementara mantan bomber Perancis, Nicolas Anelka, menyebut bahwa Mbappé mengingatkannya pada sosok Ronaldo di Olimpiade 1996.

8. Seiring popularitasnya yang tumbuh, Mbappé pun kebanjiran banyak kontrak di luar sepakbola, salah satunya menjadi endorser Nike. Nike kemudian meluncurkan satu produk sepatu khusus untuk dirinya di usia 18 tahun, Kylian Mbappé Nike Hypervenom 3.

9. Di usia 17 tahun 62 hari, Mbappé menjadi pemain termuda Monaco kedua sepanjang sejarah yang mencetak gol setelah Thierry Henry. Dia sebelumnya juga mematahkan rekor Henry sebagai pemain termuda Monaco di usia 16 tahun 347 hari.

10. Berkat golnya ke gawang Peru di Piala Dunia 2018, Mbappé menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di Piala Dunia setelah Pelé di tahun 1958.

Komentar Anda