6 Film Action Bollywood Terbaik Sepanjang Masa

Film-film India sekarang tak melulu soal percintaan dan drama keluarga. Kini genre baru sudah hadir memberi alternatif untuk para pecinta Bollywood. Genre itu adalah action alias laga. Berbeda dengan film lainnya, film laga memuat banyak sekali adegan-adegan action nan berbahaya, mulai dari pertarungan tangan kosong, baku tembak, kejar-kejaran mobil, hingga pertunjukan gerakan ekstrim yang beresiko tinggi (stunt). Bollywood perlahan namun pasti sudah bisa membuat film-film action berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa film action Bollywood yang wajib hukumnya untuk ditonton!

1. Dhoom

Dhoom

Dengan pemasukan lebih dari 290 juta rupee, Dhoom menjadi salah satu film India terlaris di tahun 2004. Bersetting di Mumbai, film ini mengisahkan gang motor yang melakukan perampokan di bank-bank dan tempat lainnya di kota. Asisten Komisaris Polisi Jai Dixit (Abhishek Bachchan) yang dikenal keras tak tinggal diam. Dia ditugaskan untuk membasmi para berandalan itu. Untuk menjalankan misinya, dia menggandeng seorang dealer/pembalap lokal bernama Ali Khan (Uday Chopra). Tapi gang motor pimpinan Kabir (John Abraham) itu samasekali tak mudah untuk dilawan.

2. Dhoom 2

Dhoom 2

Sukses dengan film pertama, sineas membuat film kedua, Dhoom 2. Kali ini Polisi Jai Dixit (Abhishek Bachchan) dan Ali Khan (Uday Chopra) berkolaborasi untuk menghentikan seorang pencuri legendaris yang sangat licin, Mr. A (Hrithik Roshan). Mr. A dikenal suka mencuri benda-benda antik nan langka dengan berbagai peralatan canggih. Lebih parah lagi, Mr. A ternyata memiliki seorang pengagum bernama Sunehri (Aishwarya Rai) yang siap menjalankan misinya untuk mengobrak-abrik kota.

3. Dhoom 3

Dhoom 3

Film ketiga dari seri Dhoom ini juga tak kalah serunya. Musuh Polisi Jai Dixit (Abhishek Bachchan) dan Ali Khan (Uday Chopra) kali ini adalah Sahir (Aamir Khan), perampok yang sangat sulit ditangkap meski segala kekuatan sudah dikerahkan oleh polisi. Sahir bahkan memiliki saudara kembar, Samar (juga diperankan Aamir Khan), yang membuat aksi kejahatan Sahir semakin sulit diungkap. Dhoom 3 menjadi film India pertama yang dirilis dalam format IMAX dan sukses masuk ke dalam daftar film India terlaris sepanjang masa.

4. Ek Tha Tiger

Ek Tha Tiger

Ek Tha Tiger menghadirkan cerita tentang seorang mata-mata top India yang memiliki nama kode Tiger (Salman Khan). Di salah satu misinya, konsentrasi Tiger pecah karena kehadiran seorang gadis cantik, Zoya (Katrina Kaif), yang belajar tari di salah satu akademi lokal. Tiger awalnya ingin mencuri informasi penting dari Zoya, namun lambat laun hati Tiger justru luluh padanya. Ek Tha Tiger sukses menjadi film kedua Bollywood yang mendapatkan pemasukan box office lebih dari 3 miliar rupee dan memicu sineasnya untuk merilis film kedua.

5. Tiger Zinda Hai

Tiger Zinda Hai

Berselang lima tahun, sepak terjang Tiger dihadirkan kembali di bioskop. Dengan budget mencapai 2,1 miliar rupee, Tiger Zinda Hai menjadi film India termahal yang pernah dibuat. Namun pendapatan yang diraih di box office juga tak main-main, mencapai 5,5 miliar rupee. Kisah diawali ketika kelompok militan pimpinan Abu Usman menyandera para perawat India dan Pakistan di Iraq. Pimpinan RAW, Shenoy (Girish Karnad) merasa hanya Tigerlah yang bisa menyelamatkan mereka. Meski enggan, Tiger atas desakan Zoya akhirnya menyanggupi misi berat itu.

6. Bang Bang

Bang Bang

Terinspirasi dari film action komedi Hollywood, Knight and Day, Bang Bang yang berstatus sebagai remake resminya menampilkan kisah yang serupa dalam versi India. Seorang wanita muda, Harleen Sahni (Katrina Kaif), sedang duduk santai di restoran untuk kencan online ketika tiba-tiba seorang pria misterius menghampirinya dan mengaku sebagai Vickie Kapoor, pacar onlinenya. Pria itu ternyata adalah Rajveer Nanda (Hrithik Roshan) yang menjadi buronan para penjahat. Petualangan seru pun terjadi ketika Rajveer membawa serta Harleen lari dari sergapan orang-orang yang ingin membunuhnya.

Komentar Anda