10 Boyband K-Pop Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2018

Loading...

Tahun 2018 adalah saatnya bagi boyband-boyband generasi ketiga K-Pop untuk melanjutkan dominasinya. Sepuluh grup idol pria berikut ini dianggap sebagai yang paling sukses dalam beberapa tahun belakangan. Sejak “Gangnam Style” mendunia, berbagai musisi Korea terus berlahiran dan menciptakan sejarah. Nah inilah sepuluh boyband K-Pop terbaik dari tahun 2018!

10. Infinite

Foto Boyband Terbaru Infinite

Infinite dibentuk pada tahun 2010 oleh Woollim Entertainment. Mereka awalnya beranggotakan tujuh orang, tapi setelah keluarnya Hoya, Infinite tinggal menyisakan lima orang, yaitu Sungkyu, Sungyeol, L, Sungjong, Dongwoo, dan Woohyun. Bermodal single “Come Back Again” dan beberapa lagu lainnya dari mini album pertama, First Invasion, Infinite debut dengan meyakinkan. Mereka dikenal memiliki dance-dance yang viral, seperti di lagu “BTD,” “Be Mine,” dan “Paradise.”

9. SHINee

Foto Boyband Terbaru SHINee

SHINee dibentuk SM Entertainment pada 2008 dan awalnya beranggotakan lima orang. Tapi vokalis mereka Jonghyun tewas karena bunuh diri di tahun 2017 lalu, SHINee kini hanya diperkuat Onew, Key, Minho, dan Taemin. Boyband ini debut dengan lagu “Replay” di tahun 2008. Single-single mereka lainnya seperti “Juliette” dan “Lucifer” meraih kesuksesan besar. SHINee pun mendapat gelar sebagai artis yang bisa menduduki tiga besar dalam tiga rilisan mereka sejak debut. SHINee tak hanya dianggap sebagai ikon fashion, tapi juga punya dance yang rumit dan menarik.

8. Highlight

Foto Boyband Terbaru Highlight

Mereka adalah salah satu boyband paling terkenal dan dicintai orang. Highlight (dulunya dikenal sebagai BEAST atau B2ST) beranggotakan lima orang dan dibentuk Cube Entertainment di tahun 2009. Mereka lantas mendirikan agensi sendiri bernama Around Us Entertainment di tahun 2016. Grup ini dianggap unik karena sebagian besar member berasal dari agensi yang berbeda. Anggotanya terdiri atas Doojoon, Junhyung, Yoseop, Gikwang, dan Dongwoon. Highlight mencuri perhatian orang karena imej tangguh dan keras karena mereka pada dasarnya adalah “Beastly Idol.”

7. Super Junior

Foto Boyband Terbaru Highlight

Dikenal sebagai SuJu atau SJ, mereka dibentuk pada tahun 2005 silam oleh Lee Soo-man dari SM Entertainment. Pada titik puncaknya, boyband legendaris ini bahkan memiliki anggota sampai 13 orang! Kini Super Junior sudah jauh lebih ramping karena hanya beranggotakan tujuh orang: Donghae, Leeteuk, Siwon, Heechul, Eunhyuk, Yesung, dan Shindong. SuJu mendapat sorotan internasional melalui album laris mereka, Sorry, Sorry, dan mereka menjadi artis K-Pop paling laris selama empat tahun berturut-turut. Dalam tahun-tahun belakangan SuJu dibagi menjadi grup-grup yang lebih kecil. Beberapa vokalis mereka sudah merambah ke bidang akting, hosting, dan presenting.

6. SEVENTEEN

Foto Boyband Terbaru SEVENTEEN

Meski namanya demikian, boyband ini hanya terdiri atas 13 member, bukan 17. Mereka adalah S.Coups, Jeonghan, Jun, Joshua, DK, Mingyu, The8, Seungkwan, Hoshi, Wonwoo, Woozi, Vernon, dan Dino. Nama SEVENTEEN yang berarti 17 menunjukkan usia rata-rata para member pada saat pembentukan grup. Grup ini dibagi ke dalam tiga unit yang meliputi berbagai area, yakni vocal, hip-hop, dan performance. Lebih hebatnya lagi, para member terlibat langsung dalam pembuatan dan produksi musik serta koreografi, membuat mereka dijuluki sebagai “Self-producing Group”. SEVENTEEN sudah eksis sejak tahun 2015 ketika dilahirkan Pledis Entertainment.

Loading...

5. BTOB

Foto Boyband Terbaru BTOB

BtoB (Born to Beat) adalah boyband yang dibentuk pada tahun 2012 silam oleh Cube Entertainment. Grup yang sangat populer ini beranggotakan tujuh orang, yakni Seo Eun-kwang, Yook Sung-jae, Lee Chang-sub, Lee Min-hyuk, Peniel, Im Hyun-sik, dan Jung Il-hoon. Sejak debut, BTOB telah merilis banyak karya dan mengoleksi berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Singer of the Year (KBS Music Festival 2015), Ballad Award (Seoul Music Awards ke-25), dan Best Vocal Group Award (Golden Disk Awards ke-30). Sejumlah member mereka juga mulai aktif berakting di layar drama.

4. BIGBANG

Foto Boyband Terbaru BIGBANG

BIGBANG tetaplah menjadi legenda meski sudah sekian tahun eksis di dunia K-Pop. Boyband bentukan SM Entertainment dari tahun 2006 ini sering disebut sebagai grup yang paling berpengaruh dari segi musik dan fashion. Mereka adalah Kings of K-Pop yang turut menyebarkan gelombang Hallyu dalam skala internasional. Setelah merampungkan tur dan promosi MADE, boyband beranggotakan G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri ini vakum karena para member harus mengikuti wajib militer kecuali maknae Seungri. Comeback mereka sangat dinanti ketika mereka dibebastugaskan nanti.

3. Wanna One

Foto Boyband Terbaru Wanna One

Dibentuk oleh CJ E&M, Wanna One adalah grup idol yang para membernya disaring dari ajang Produce 101 Season 2 tahun 2017. Mereka terpilih sebagai Best New K-Pop Act of 2017 (Billboard). Dengan lagu-lagu electro-pop dan koreografi berstyle tinggi yang menarik banyak perhatian, Wanna One menjadi salah satu artis terpopuler Korea meski status mereka hanyalah sebuah band proyek dan akan bubar di akhir 2018. Para member akan fokus pada solo karir. Wanna One diperkuat 11 member berbakat, antara lain Jisung, Sungwoon, Minhyun, Seongwoo, Jihoon, Woojin, Jaehwan, Kang Daniel, Jinyoung, Daehwi, dan Guanlin.

2. EXO

Foto Boyband Terbaru EXO

EXO adalah boyband generasi ketiga paling besar, inovatif, dan berpengaruh yang dibentuk SM Entertainment pada tahun 2011. Mereka kemudian debut di tahun 2012 dengan 12 member yang dibagi ke dalam dua sub-grup, yaitu EXO-M dan EXO-K. Kedua sub-grup itu beroperasi dalam dua bahasa berbeda, yakni Mandarin dan Korea. EXO disebut sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea Power Celebrity di tahun 2014 dan 2015. Saat ini, EXO terdiri atas sembilan member, yakni Xiumin, Baekhyun, Suho, Lay, Chen, Chanyeol, D.O., Kai, dan Sehun. Banyak dari member mereka yang beralih menjadi aktor.

1. BTS

Foto Boyband Terbaru BTS

Sebagai grup idol K-Pop pertama yang tampil di ajang American Music Awards dan memenangkan penghargaan prestisius dari Billboard Music Awards, grup yang pertama meraih 10 juta follower di Twitter, BTS telah menguasai jagat K-Pop dalam beberapa tahun terakhir. Mereka menjadi selebriti dunia yang paling banyak dibicarakan di Twitter pada tahun 2017; mereka dilike dan diretweet lebih dari setengah miliar kali, membuat BTS menjadi boyband terbesar saat ini. BTS berangotakan RM, J-Hope, Jimin, V, Jin, Suga, dan Jungkook. Mereka memiliki style berorientasi dance dengan pengaruh hip hop dan memuat tema-tema keren. BTS juga mengaransemen, menulis, dan memproduksi musik-musik mereka sendiri!

Loading...

Komentar Anda