7 Cara Memilih Durian yang Manis dan Dagingnya Banyak Agar Nggak Nyesel


Saat musim durian tiba, setiap orang yang suka dengan buah beraroma tajam itu akan hunting ke berbagai tempat, terkadang sampai rela rebutan dengan calon pembeli lain. Dibanding buah lain, durian yang muncul setahun sekali ini memang relatif lebih mahal, tapi kelezatan dagingnya membuat harga nggak penting lagi.

Gambar Durian

Nah supaya kamu nggak menyesal saat memilih durian, ikutilah cara-cara ini. Jangan sampai deh kamu mengeluarkan uang banyak untuk membawa buah durian yang hambar dan zonk.

1. Cium aromanya

Yang harus kamu lakukan paling pertama adalah mencium aroma di dekat tangkainya. Bila harum dan menyengat, bisa dipastikan buah itu sudah matang dan manis. Jangan beli buah yang aromanya kurang tajam.

2. Warna kulit bukan patokan!

Durian punya tiga warna kulit, yaitu cokelat, hijau, dan kuning. Banyak orang yang beranggapan bahwa durian cokelat sudah matang, sementara yang hijau belum matang. Ini adalah penilaian yang keliru. Beda dengan buah lain, warna kulit durian tidak menentukan matang tidaknya, apalagi menentukan tingkat kemanisannya.

3. Tentukan lewat durinya

Gambar Durian Enak

Alih-alih memilih warna, kamu harus memilih durian berdasarkan durinya. Duri yang pendek dan jarang adalah pilihan terbaik karena daging buahnya cenderung lebih tebal dan manis. Nah, kamu jangan pilih durian yang duri-durinya panjang karena biasanya daging buahnya sedikit dan rasanya kurang manis.

Baca Juga:  Kumpulan Foto Anjing Affenpinscher Paling Lucu

4. Ketuk si durian dan dengarkan suaranya

Tentunya kamu nggak bisa mengetuknya dengan tangan, lakukan dengan pisau milik penjual. Kalau terdengar bunyi ‘plek-plek’ artinya buahnya belum matang benar. Kalau suaranya ‘bluk-bluk’ berarti durian itu sudah matang.

5. Ambil durian yang kulitnya belum diiris

Biasanya penjual mengiris kulit durian untuk meyakinkan pembeli. Tapi bila kamu ditawari durian yang sudah teriris itu, jangan ambil yang itu karena aroma dan rasa manisnya sudah tak sebaik yang masih tertutup rapat. Parahnya, durian seperti ini biasanya rasanya malah hambar!

6. Lihat tangkainya

Kamu pasti ingin dapat daging buah yang banyak kan? Kalau begitu perhatikan tangkainya. Buah durian yang tangkainya besar dan pendek dagingnya tebal alias banyak, sebaliknya yang kecil dagingnya ya sedikit. Namun sayangnya cara ini sulit dipraktekkan karena rata-rata penjual sudah memotong tangkai buah dagangannya.

7. Pilih yang bulat, jangan lonjong

Terakhir, untuk mendapatkan durian yang berdaging banyak kamu harus memperhatikan bentuk buahnya secara keseluruhan. Kamu lebih baik memilih yang bulat daripada yang lonjong. Buah yang bulat dagingnya lebih banyak daripada yang lonjong.

Nah, tak sulit kan memilih buah durian yang dagingnya banyak dan manis?

Komentar Anda