Siapa yang Lebih Hebat, Red Velvet atau BLACKPINK?

BLACKPINK dan RED VELVET

Red Velvet atau BLACKPINK adalah dua girlband yang begitu dominan di pentas K-Pop, baik dari segi popularitas, penjualan, konsep, hingga influence. Lalu siapa yang terbaik di antara keduanya? Sebenarnya baik Red Velvet maupun BLACKPINK sama-sama berbakatnya. Untuk memperbandingkan kedua girlband ini, kita simak dulu beberapa poin penting mereka.

RED VELVET

Red Velvet

Red Velvet dilatih untuk mengeluarkan vokal yang sangat kuat. Mereka dapat mencapai nada-nada tinggi dengan mudah. Vokalis utama mereka, Wendy dan Seulgi, memiliki suara kuat dan serbaguna yang terdengar sempurna di banyak lagu.

Line rap Red Velvet tidak terlalu bagus, tetapi mereka mengimbanginya dengan lagu-lagu yang catchy dan vokal yang luar biasa.

Koreografi Red Velvet sangat sulit, contohnya adalah “Peek A Boo.” Semua koreografi mereka membutuhkan timing dan gerakan yang tepat dan dibutuhkan banyak latihan untuk menguasainya. Seseorang harus terus menerus menonton video dance atau MV mereka jika ingin menguasai koreografinya.

Red Velvet mengusung banyak konsep bagus di lagu-lagu mereka. Sebagian besar lagu mereka memiliki semacam vibe ‘menyeramkan’ bagi mereka dan itu amat keren. Musik mereka unik, fresh, dan baru. Mereka bukan girlband sembarangan.

Visual adalah subyek yang sensitif karena setiap orang memiliki pendapatnya sendiri ketika menyangkut visual. Visual Red Velvet amat mengagumkan dan bisa bersaing dengan para visual dari girlband lainnya.

Video musik Red Velvet cukupunik dan menyenangkan. Beberapa video musik mereka seperti “Rookie” memang agak aneh. Tetapi untuk sebagian besar MV, mereka sudah mempersembahkan yang terbaik.

Manajemen Red Velvet sangat bagus (SM Entertainment). Mereka memiliki banyak comeback dan sering merilis lagu baru.

Pertunjukan live mereka hebat. Suara para member sangat stabil dan mereka selalu sinkron hampir di sepanjang waktu. Pertunjukan live Red Velvet begitu mempesona untuk ditonton dan sukar untuk mengalihkan pandangan mata dari mereka!

Soal outfit, rasanya itu tergantung pada preferensi pribadi. Mayoritas fans suka melihat dandanan dan pakaian mereka karena mereka terlihat imut dan cantik.

Baca Juga:  Alasan-alasan Kenapa Orang Benci Girlband Red Velvet

BLACKPINK

BLACKPINK

Vokal BLACKPINK cukup bagus. Mereka bernyanyi jauh lebih baik daripada kebanyakan orang. Rosé tidak memiliki teknik yang spesial, tapi suka suara rendah dan serak Jisoo terdengar menggoda. Suara BLACPINK sama sekali tidak sekuat Red Velvet, tetapi mereka masih enak untuk didengarkan.

Lisa dan Jennie sama-sama rapper berbakat. Line rap BLACKPINK jauh lebih kuat daripada Red Velvet. Jennie dan Lisa memiliki teknik rap jempolan yang sulit disaingi.

Koreografi BLACKPINK sulit untuk seseorang yang hampir tidak memiliki pengalaman dance, tetapi koreografi mereka sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Mudah diingat dan tidak seruwet dance Red Velvet. Orang bisa menghafal gerakan dance “DDu-Du DDu-Du” hanya dengan melihat video musiknya beberapa kali.

BLACKPINK tidak mengusung konsep ‘girl crush’ atau ‘cewek imut’ seperti kebanyakan grup lainnya. Mereka menyiratkan kepercayaan diri yang tinggi dalam style dan musik mereka. BLACKPINK lekat dengan imej badass dan chic.

Ketika menyangkut visual, maka itu tergantung opini masing-masing. Secara umum para member BLACKPINK cantik dan mempesona. Jisoo, sang visual utama, begitu cantik walau mungkin tidak termasuk ‘drop dead gorgeous.’ Tapi semua anggotanya cantik sesuai standar Korea.

BLACKPINK jarang merilis MV. Tetapi video musik mereka keren, seperti MV “Boombayah.”

Manajemen BLACKPINK sangat buruk (YG Entertainment). Mereka begitu jarang comeback dalam beberapa tahun terakhir dan nyaris tidak merilis lagu baru.

Pertunjukan live BLACKPINK tidak sebagus Red Velvet. Suara mereka sangat tidak stabil ketika tampil di atas panggung dan terkadang tidak sinkron.

Seperti yang diungkapkan di atas, outfit adalah selera masing-masing. Sebagian besar pilihan pakaian BLACKPINK bagus, baik saat manggung ataupun saat tampil di acara TV.

Baca Juga:  Demi Profesionalitas, BLACKPINK Tak Pedulikan Rival

HASIL AKHIR:

  • Vokal: Red Velvet
  • Rap: BLACKPINK
  • Koreografi: Red Velvet
  • Tema / Konsep: Red Velvet dan BLACKPINK
  • Visual: Pilihan sulit, tetapi BLACKPINK menang tipis
  • Video Musik: Red Velvet
  • Manajemen: Red Velvet
  • Pertunjukan Live: Red Velvet
  • Pakaian: Red Velvet dan BLACKPINK

Sebenarnya masih ada satu lagi, yaitu soal popularitas.

Dalam hal popularitas global, BLACKPINK lebih unggul dibanding Red Velvet.

Nah itulah peta kekuatan antara Red Velvet dengan BLACKPINK. Siapa favoritmu?

Komentar Anda