5 Pekerjaan yang Cocok Bila Kamu Hidup di Bali


Bali memang pulau dengan sejuta keindahan. Sebagai destinasi wisata paling favorit, Bali tentunya telah mendatangkan banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Nah jika dilihat dari segi bisnis, Bali sebetulnya adalah tempat yang sangat potensial untuk mengais rezeki. Ada banyak pekerjaan menyenangkan bila kamu mau stay di Bali. Setidaknya lima job ini bisa kamu lakukan bila berada di sana.

1. Guide

Pemandu di Bali


Guide atau pemandu wisata adalah pekerjaan yang paling populer di Bali. Tak hanya harus mengenal tempat-tempat wisata, kamu juga harus menguasai bahasa asing dan ramah pada para turis. Kenapa jadi guide sangat menggiurkan? Karena menurut data jumlah wisatawan di Bali mencapai 5,7 juta orang di tahun 2017 atau 30% dari total wisatawan di seluruh Indonesia!

2. Travel blogger/vlogger

Keindahan Bali dan berbagai tempat wisatanya bisa jadi ladang duit nih kalau kamu mau jadi travel blogger atau vlogger. Kamu harus punya website atau channel YouTube wisata untuk mengupdate konten-kontenmu. Penghasilannya tentu saja dari pengiklan. Selain bisa jalan-jalan sesuka hati, kamu bisa memuaskan hobi menulis atau membuat video sambil mencari duit.

3. Agen perjalanan

The Beauty of Bali

Kalau ada modal cukup besar, kamu bisa membuka travel agent. Ini potensi yang bagus karena Bali adalah rujukan wisata favorit. Kamu bisa membuat dan menawarkan berbagai paket wisata yang murah dan menarik untuk mendatangkan turis. Bisnis ini bisa kamu promosikan di media sosial atau website pariwisata.

Baca Juga:  Kumpulan Foto Tempat Wisata Menarik di Afghanistan

4. Fotografer

Punya kamera bagus dan keahlian fotografi yang mumpuni? Coba saja jadi fotografer di Bali. Kamu bisa jadi fotografer untuk pemotretan pre-wedding atau freelancer. Foto-fotomu bisa dijual juga ke berbagai media online atau perusahaan mana pun yang membutuhkan. Wah keren deh.

5. Marketing hotel

Kalau kamu suka bertemu dengan orang baru, barangkali pekerjaan ini cocok buatmu. Bali sebagai pusat pariwisata tentunya punya banyak hotel untuk mengakomodir para turis. Nah kamu bisa melamar jadi marketing dan mulai merancang strategi untuk mendatangkan tamu, misalnya bekerjasama dengan agen-agen perjalanan atau mempromosikan hotelmu di internet.

Menyenangkan bukan punya pekerjaan asyik di tempat seindah Bali?

Komentar Anda