6 Artis K-Pop Terkenal yang Tinggalkan SM Entertainment


Sebagai salah satu agensi The Big Three alias Tiga Terbesar, SM Entertainment telah sukses melahirkan banyak musisi dan grup raksasa, sebut saja Super Junior, SHINee, Girls’ Generation, EXO, NCT, dan Red Velvet. Tapi dalam prosesnya, perusahaan hiburan ini juga harus melepas beberapa idol kenamaan mereka karena berbagai alasan.

Salah satu kasus yang paling terkenal adalah konflik EXO di mana para member asal China secara berturut-turut mengajukan gugatan atas kontrak SM dan keluar untuk bersolo karir beberapa tahun silam.

Nah inilah kisah enam artis SM yang keluar dari agensi besar itu.

1. Hangeng

Foto Terbaru Hangeng

Leader Super Junior-M ini memilih hijrah dari SM Entertainment karena ingin melebarkan sayapnya ke dunia akting pada tahun 2009 silam. SM tidak bisa mengakomodir niatnya itu dan Hangeng pun keluar untuk kembali ke negara asalnya, China. Di sana dia merintis karir sebagai aktor dengan bermain film. Hangeng sempat jadi cameo di film Hollywood, Transformers: Age of Extinction. Selain akting, dia juga berkiprah di dunia variety show dengan menjadi pemain program Chinese Street Dance of China.

2. Jessica Jung

Foto Terbaru Jessica Jung

SM Entertainment dulu sangat ngebet mendapatkan Jessica Jung saat masih remaja dan mereka pun mendebutkannya sebagai salah satu pilar utama Girls’ Generation. Namun pada tahun 2014 kakak Krystal Jung ini memutuskan keluar dengan diikuti berbagai rumor tak sedap. Dia terjun ke dunia fashion dengan merilis brandnya sendiri, BLANC & ECLARE. Jessica juga bersolo karir sebagai aktris dan penyanyi.

Baca Juga:  Lisa Manoban Adalah Member Terpopuler BLACKPINK. Kenapa?

3. Kris

Foto Terbaru Kris

Kris adalah member EXO-M pertama yang keluar dari SM Entertainment dan memicu perang hukum di antara keduanya. Sambil menjalani proses hukum yang berlarut-larut, Kris pulang ke negara asalnya, China, dan dia mulai membangun karirnya sendiri sebagai penyanyi, aktor, dan model. Film-filmnya di sana laris manis dan dia bahkan sempat tampil di film Hollywood xXx: Return of Xander Cage tahun lalu.

4. Luhan

Foto Terbaru Luhan

Menyusul Kris, Luhan juga mengajukan gugatan hukum pada SM Entertainment dan praktis dia pun keluar dari EXO-M. Tak menganggur, di China Luhan sukses jadi bintang besar dan bermain di beberapa film serta drama. Luhan juga bersolo karir sebagai penyanyi dengan merilis beberapa album dan mini album yang penjualannya sangat bagus. Fans EXO di Korea masih merindukannya.

5. Tao

Foto Terbaru Tao

Tao juga mengikuti jejak Kris dan Luhan untuk bertempur melawan SM Entertainment agar dia dibebaskan dari kontraknya yang ketat. Dia pulang kampung dan berpromosi dengan nama aslinya, Huang Zitao. Tao pun menjadi penyanyi solo serta aktor di sana. Beberapa film dan drama dia bintangi, bahkan salah satu dramanya, The Negotiator, sangat populer di China. Di bawah nama Z.Tao, dia merilis sejumlah single dan album.

6. Henry Lau

Foto Terbaru Henry Lau

Memperkuat Super Junior-M sejak tahun 2008, Henry Lau memutuskan keluar dari SM Entertainment pada bulan April 2018. Bedanya, Henry keluar tanpa masalah karena kontraknya memang sudah habis. Selama ini Henry sudah membangun karir solonya, baik sebagai aktor maupun penyanyi. Dia kini punya banyak waktu untuk mengembangkan bisnisnya sendiri, yaitu sebuah restoran di wilayah Gangnam.

Baca Juga:  5 Karakter Mistik Paling Keren dari Drama Korea

Komentar Anda