Cara Mengetahui Berapa Kali Orang Lihat Profil Twitter Kita

Loading...


Bisakah Anda mengetahui berapa kali seseorang melihat halaman profil Twitter Anda? Jika Anda penasaran, Anda mungkin sudah berusaha mencari jawaban dan informasi tentang apa yang sebenarnya bisa Anda lakukan dengan Twitter. Mungkinkah kita bisa tahu berapa kali orang berkunjung dan melihat-lihat profil kita di Twitter?

Twitter

Jawaban singkat atas pertanyaan itu adalah: tidak. Tidak ada cara untuk mengetahui berapa kali seseorang melihat halaman Twitter Anda. Ini karena Twitter tidak mengizinkan pengkodean HTML sehingga tidak ada cara untuk memasukkan skrip penghitung view (view counter) dan situs jejaring sosial ini juga tidak menyediakan alat penghitung view untuk penggunanya.

Anda juga tidak dapat menggunakan Google Analytics atau alat metrik serupa lainnya di Twitter karena tidak adanya fasilitas HTML. Selain itu, halaman profil Twitter agak lengang karena hanya menampilkan nama, bio singkat, foto, daftar kecil teman-teman, dan semua tweet Anda. Sebenarnya tidak banyak yang bisa dilihat di halaman profil pengguna Twitter.

Twitter juga membuat pemantauan pengunjung halaman menjadi lebih sulit karena Twitter tidak melacak alamat IP seperti situs web lainnya, misalnya LiveJournal. Akibatnya, Anda bahkan tidak dapat mengetahui dari mana pengunjung Anda berasal.

Alasan lain mengapa Anda tidak dapat mengetahui berapa banyak orang yang sudah melihat halaman Twitter Anda adalah karena Twitter merupakan situs web seluler seperti Foursquare. Alih-alih berfokus pada profil, situs ini lebih berfokus pada agregasi tweet dari semua pengguna yang Anda ikuti di satu halaman, bukan sekedar soal kunjung-mengunjungi profil user individual.

Twitter akan mengalami banyak masalah privasi dan masalah dengan pengguna ponsel jika mereka mengizinkan pelacakan kunjungan. Meskipun Anda tidak dapat mengetahui siapa yang telah melihat profil Anda, masih ada beberapa cara agar Anda dapat mengontrol siapa yang bisa melihat tweet Anda.

Loading...

Seperti apa itu?

Jika Anda ingin mengontrol orang yang melihat tweet Anda, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengatur settingan tweet Anda menjadi pribadi (private). Orang-orang masih dapat melihat profil Anda, tetapi mereka tidak akan dapat melihat update Anda saat mereka ada di sana. Jika seseorang ingin memfollow Anda, Anda harus menerima permintaan (request) mereka untuk memfollow akun Anda agar dapat melihat tweet Anda. Anda juga dapat dengan mudah menolak permintaan seseorang untuk memfollow Anda.

Meskipun cara ini membuat tweet tak bisa dibaca oleh mereka yang belum Anda setujui (approve), ini adalah satu-satunya cara agar Anda dapat mengetahui siapa saja yang bisa melihat konten Anda yang pastinya adalah salah satu follower Anda entah siapa dia. Namun, cara ini juga membatasi Anda untuk mendapatkan lebih banyak follower.

Metode lain yang dapat Anda terapkan untuk mengetahui siapa yang melihat tweet Anda adalah dengan menggunakan alat track Twitter. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat memanipulasi kriteria tertentu dari follower Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan situs atau alat Twitter seperti Twitonomy untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang pengikut Anda. Meskipun Anda tidak dapat mengetahui orang-orang acak yang mengunjungi profil Anda, setidaknya Anda akan tahu lebih banyak tentang orang-orang yang mengklik profil dan memfollow Anda.

Jangan lupa bahwa akun Twitter publik terkadang berguna untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang Anda. Fitur seperti retweet membuat user bisa berbagi konten dengan mudah. Twitter juga memudahkan user untuk mengikuti jenis informasi tertentu dengan meletakkan beberapa tautan di profil Anda. Anda juga dapat menerima pesan langsung di situs ini yang akan membantu mengetahui jenis informasi yang disukai follower Anda.

Kesimpulan

Meski Twitter tidak memungkinkan penyuntingan HTML, situs ini memiliki lebih banyak fitur interaktif dibandingkan yang lain. Konten yang ada di Twitter saat ini memiliki kemampuan untuk diviralkan ke mana-mana dalam hitungan menit. Selain itu, orang juga dapat menerima tweet di ponsel, email, instant messenger, atau RSS feed mereka. Jenis distribusi informasi ini memang tidak membantu menjawab pertanyaan, “Bisakah Anda mengetahui berapa kali orang melihat halaman Twitter Anda?” tetapi dapat membantu menjawab banyak jenis pertanyaan lainnya.

Loading...

Komentar Anda