10 Film Shah Rukh Khan Terbaik dari era 90-an

Loading...


Shah Rukh Khan adalah seorang legenda Bollywood. Pria India kelahiran 2 November 1965 ini dijuluki Raja Bollywood karena punya karir yang sangat panjang dan sukses. Dia telah membintangi lebih dari 80 film, mengumpulkan ratusan penghargaan, serta punya basis penggemar terbesar di seluruh dunia. Oleh berbagai media dia berkali-kali disebut sebagai aktor terpopuler atau aktor paling berpengaruh di seluruh dunia.

Foto Shah Rukh Khan

Tak perlu berpanjang lebar lagi, berikut adalah rekomendasi film Shah Rukh Khan dari era 90-an yang perlu kalian tonton.

1. Deewana

Deewana

Shah Rukh Khan debut lewat film Deewana yang dirilis pada Juni 1992. Di sini dia tampil bersama Divya Bharti sebagai pemeran utama pria kedua di belakang Rishi Kapoor. Deewana menjadi hit di box office dan meluncurkan karir Bollywood SRK; dia mendapatkan Penghargaan Debutan Pria Terbaik dari Filmfare berkat penampilannya ini.

2. Darr

Darr

SRK mendapat apresiasi paling tinggi karena memainkan peran jahat dalam film yang sukses di box office, Darr, di mana dia bermain sebagai seorang kekasih yang obsesif. Darr menandai kolaborasi pertama SRK dengan pembuat film Yash Chopra dan perusahaannya, Yash Raj Films. Kegagapan SRK dan penggunaan frasa “Aku mencintaimu, K-k-k-Kiran” sangat populer di kalangan penonton.

3. Baazigar

Baazigar

Baazigar, di mana SRK berperan sebagai pembalas dendam yang membunuh pacarnya, mengejutkan penonton India dengan ‘pelanggaran tak terduga’ terhadap formula standar Bollywood. Penampilan apik SRK di Baazigar, yang merupakan penampilan pertamanya bersama aktris Kajol membawa dia memenangkan Filmfare Award pertamanya untuk kategori Aktor Terbaik.

4. Kabhi Haan Kabhi Naa

Kabhi Haan Kabhi Naa

Pada tahun 1994, SRK memerankan seorang musisi yang jatuh cinta dalam film drama komedi garapan Kundan Shah, Kabhi Haan Kabhi Naa, berpasangan dengan Deepak Tijori dan Suchitra Krishnamurthy. SRK kemudian mengakui bahwa ini adalah peran favoritnya. Penampilannya ini memberinya Filmfare Critics Awards untuk Penampilan Terbaik.

5. Anjaam

Anjaam

Loading...

Shah Rukh Khan memenangkan Filmfare Best Villain Award untuk perannya sebagai kekasih yang obsesif di Anjaam yang juga dibintangi oleh Madhuri Dixit dan Deepak Tijori. Pada saat itu, memainkan peran antagonis dianggap berisiko bagi karier seorang leading man di Bollywood. Media mengakui keberanian SRK untuk memainkan karakter seperti itu, di mana dia membangun karirnya di Bollywood. Sutradara Mukul S. Anand menyebutnya sebagai “wajah baru industri” pada saat itu.

6. Dilwale Dulhania Le Jayenge

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Salah satu film terpenting SRK adalah romansa Dilwale Dulhania Le Jayenge garapan sutradara debutan Aditya Chopra. Dia memainkan seorang pemuda non-residen India (NRI) yang jatuh cinta pada karakter Kajol selama perjalanan melintasi Eropa. SRK awalnya segan untuk memerankan peran seorang kekasih, tetapi film ini justru membuat dirinya ditetapkan sebagai ‘romantic hero.’ Dipuji oleh kritikus dan publik, film ini menjadi produksi terlaris di tahun 1995 di India dan luar negeri dan dinyatakan sebagai ‘blockbuster sepanjang masa’ oleh Box Office India.

7. Dil To Pagal Hai

Dil To Pagal Hai

Rilisan terakhir SRK di tahun 1997 adalah kolaborasi keduanya dengan Yash Chopra dalam roman musikal populer Dil To Pagal Hai. Dia memerankan Rahul, seorang sutradara panggung yang terperangkap dalam cinta segitiga antara Madhuri Dixit dan Karisma Kapoor. Film dan penampilannya mendapat pujian kritis dan SRK dinobatkan sebagai Aktor Terbaik di Filmfare untuk ketiga kalinya setelah Dilwale Dulhania Le Jayenge.

8. Duplicate

Duplicate

SRK mendapatkan peran utama dalam tiga film pada tahun 1998. Dalam rilis pertamanya tahun itu, dia memainkan peran ganda bersama Juhi Chawla dan Sonali Bendre dalam komedi laga Duplicate besutan Mahesh Bhatt. Ini adalah kolaborasi pertamanya dengan perusahaan Yash Johar, Dharma Productions. Film ini kurang diterima dengan baik di box office, tetapi India Today memuji SRK karena penampilan energiknya.

9. Dil Se..

Dil Se..

Pada tahun yang sama, Shah Rukh Khan meraih pujian kritis atas aktingnya sebagai koresponden All India Radio yang mengembangkan kegilaan untuk seorang teroris misterius (Manisha Koirala) dalam film thriller romantis Dil Se .., yang merupakan film ketiga dalam trilogi film teror Mani Ratnam. Film ini menandai debut Preity Zinta di Bollywood.

10. Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai

Dalam rilis film terakhirnya di tahun 1998, SRK memerankan seorang mahasiswa dalam roman populer Karan Johar, Kuch Kuch Hota Hai, di mana dia terlibat cinta segitiga bersama dengan Kajol dan Rani Mukerji. Penulis Anjana Motihar Chandra menyebut film laris dari akhir 90-an ini sebagai “romansa pot-pourri, komedi, dan hiburan.” SRK memenangkan penghargaan Aktor Terbaik di Filmfare Awards dua tahun secara berturut-turut, meskipun beberapa kritikus dan bahkan SRK sendiri meyakini bahwa penampilannya dibayangi oleh akting cemerlang Kajol.

Loading...

Komentar Anda