10 Film India Terbaik, dari Film Romantis Sampai Action

Sudah sejak lama industri perfilman India menyebar ke seluruh dunia. Bollywood adalah yang terbesar di antara pusat-pusat industri film India yang lain. Bollywood telah diterima di seluruh dunia sebagai salah satu sajian hiburan alternatif yang punya keunikan tersendiri. Film-film India hampir selalu mengadopsi lagu-lagu menarik dengan tarian yang khas. Ini adalah sesuatu yang jarang ada di film lain.

Nah bicara tentang film terbaik India, tentu kita bisa membuat daftar yang sangat panjang. Tapi kali ini kami akan mengupas sepuluh judul yang secara universal dianggap sebagai salah satu karya paling baik. Dan yang pasti, seluruh film di daftar ini mendapatkan rating yang bagus di IMDB. Berikut ulasannya.

1. Dangal

Dangal

Aamir Khan memerankan tokoh nyata Mahavir Singh Phogat, seorang pelatih gulat amatir India yang melatih putri-putrinya, Geeta Phogat dan Babita Kumari, untuk menjadi pegulat wanita kelas dunia. Fatima Sana Shaikh dan Sanya Malhotra dikasting menjadi pemeran kakak beradik Geeta dan Babita.

2. Talvar

Talvar

Didasarkan pada kasus pembunuhan ganda Noida di tahun 2008, film yang dibintangi  Irrfan Khan, Konkona Sen Sharma, dan Neeraj Kabi ini mengisahkan investigasi kasus pembunuhan ganda seorang gadis remaja dan pelayan keluarga dari tiga sudut pandang berbeda.

3. Black

Black

Rani Mukerji dan Amitabh Bachchan berkolaborasi dalam Black, sebuah kisah tentang gadis buta tuli yang bersahabat dengan gurunya yang kemudian mengidap penyakit Alzheimer. Film ini terinspirasi dari kisah hidup penulis Amerika, Hellen Keller, yang penuh perjuangan.

4. Swades

Swades

Salah satu penampilan terbaik Shah Rukh Khan bisa disaksikan di sini. Swades adalah film non romantis SRK yang menceritakan bagaimana dia yang berstatus sebagai Non-resident Indian (NRI) pulang ke kampung halamannya di India dan melihat banyak ketidakberesan yang mengusik hatinya.

5. Pink

Pink

Film thriller sosial ini mengupas kisah Deepak (Amitabh Bachchan), seorang pensiunan pengacara yang membela tiga orang wanita muda yang menjadi korban dari ketidakadilan hukum di India. Film ini memiliki pesan kuat tentang perjuangan hak-hak dan martabat wanita.

6. Gulaal

Gulaal

Gulaal mengeksplorasi tema-tema berat seperti pencarian kekuasaan, ketidakadilan, dan kemunafikan para penguasa. Raj Singh Chaudhary memerankan Dilip, seorang mahasiswa hukum yang menyaksikan dan merasakan sendiri ketidakadilan yang terjadi di masyarakat Rajput.

7. Jab We Met

Jab We Met

Jab We Met adalah film komedi romantis yang dibintangi Shahid Kapoor dan Kareena Kapoor, pasangan yang sudah sering bermain film bersama. Mereka masing-masing memerankan gadis Punjabi yang bertemu dengan pebisnis Mumbai yang depresi saat mereka naik kereta malam ke Delhi.

8. Baby

Baby

Akshay Kumar menjadi bintang utama di film thriller action ini. Baby bercerita tentang misi terakhir ‘Baby,’ sebuah satuan tugas khusus yang dibentuk untuk merespon serangan Mumbai di tahun 2008. Satuan ini ditugaskan untuk memburu para teroris yang berencana menyerang India.

9. Veer-Zaara

Veer-Zaara

Kisah cinta tragis yang terkenal, Veer-Zaara menampilkan pasangan Shah Rukh Khan dan Preity Zinta. Veer adalah pilot angkatan udara India yang jatuh cinta pada seorang gadis Pakistan, Zaara, yang berasal dari keluarga politisi. Tentu saja hubungan mereka tak direstui semua orang.

10. Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai

Film romantis ikonik ini menampilkan trio Shah Rukh Khan, Kajol, serta Rani Mukerji. Mereka mengembangkan cinta segitiga dalam backdrop kehidupan kampus. Cinta Anjali pada Rahul bertepuk sebelah tangan. Dan setelah bertahun-tahun berlalu, Rahul telah menduda karena istrinya, Tina, sudah meninggal dunia.

Komentar Anda