10 Drama Korea Terpopuler Sepanjang Masa

Drama Korea selalu menjadi tontonan yang sangat menghibur bagi jutaan orang di dunia, termasuk di Indonesia. Ragam judul dan tema menarik dihadirkan ke hadapan pemirsa setiap saat. Popularitas sebuah drama Korea bisa diukur berdasarkan ratingnya, tapi tak sedikit drama Korea yang sangat populer meski ratingnya biasa saja ketika disiarkan. Ini bisa disebabkan berbagai faktor, misalnya rekomendasi dari mulut ke mulut atau ulasan bagus dari para netizen dan kritikus.

Drama Korea Terbaik

Bicara soal drama Korea terpopuler, tentu kita tak bisa lepas dari beberapa judul yang sangat dikenang pemirsa. Drama-drama tertentu memang punya ciri khas tersendiri yang melekat di ingatan, misalnya Boys Before Flowers. Drama ini menjadi ikon drama rom-com remaja yang mengilhami banyak drama sejenis di waktu-waktu mendatang. Sedangkan Dae Jang Geum kerap disebut sebagai drama kolosal Korea terbaik dan terpopuler yang pernah dibuat.

Nah sekarang saatnya kami mengulas sepuluh judul drama Korea yang sangat populer di dunia. Ini dia.

10 drama Korea terpopuler sepanjang masa:

1. Guardian: The Lonely and Great God

Guardian The Lonely and Great God

Drama Korea terpopuler pertama yang kami ulas adalah Guardian: The Lonely and Great God atau lebih kita kenal dengan judul singkat: Goblin. Dihadirkan tvN dalam 16 episode (plus 3 episode spesial), serial ini sanggup mencetak rating fantastis dan kini berada di bawah Sky Castle dan Reply 1988. Tak hanya jalan ceritanya, sinematografinya yang menawan juga jadi alasan kenapa Goblin sangat populer.

Kisahnya berkisar pada Kim Shin, seorang ksatria dari era Goryeo yang dibunuh oleh raja dan bereinkarnasi menjadi Goblin. Dia sudah hidup selama 939 tahun dan harus mencari pengantinnya untuk mencabut pedang yang tertancap di dadanya agar dia bisa pergi ke akhirat dan beristirahat dengan tenang. Raja yang membunuhnya bereinkarnasi menjadi malaikat maut yang amnesia dan mereka kini bertemu di dunia modern.

Baca juga: 10 Drama Roman Fantasi Modern Korea Terbaik dan Terpopuler

2. My Love from the Star

My Love from the Star

Tak cuma populer, drama Korea yang satu ini telah memberi pengaruh besar pada perkembangan Hallyu Wave yang kian mendunia. My Love from the Star sangat populer di China dan berbagai negara Asia lainnya. Ratingnya pun sangat luar biasa hingga PD drama memutuskan untuk menambah jumlah episodenya. Dibintangi pasangan dari film The Thieves, Jun Ji-hyun dan Kim Soo-hyun, drama ini telah membuat baper jutaan orang.

Kisah fantasi berpadu roman digarap secara apik dalam sinematografi yang berkelas. Do Min-joon adalah seorang alien yang datang ke bumi di masa Joseon. Kini dia sudah menetap di bumi selama kurang lebih 400 tahun tanpa menunjukkan penuaan. Dia adalah orang yang dingin, kaku, dan menjauh dari manusia di sekitarnya. Namun semua itu berubah ketika dia mulai mengenal tetangganya, Cheon Song-yi, yang merupakan seorang artis Hallyu ternama.

3. Boys Before Flowers

Boys Before Flowers

Sebagaimana disinggung di atas, Boys Before Flowers adalah drama Korea yang sangat berpengaruh dalam kultur K-Drama. Diadaptasi dari drama Taiwan, Boys Before Flowers telah melesatkan sejumlah aktor muda yang kini sudah mendulang popularitas besar, misalnya Lee Min-ho dan Ku Hye-sun. Kisah ala F4 digambarkan dengan lebih menarik hingga pemirsa pun berduyun-duyun menontonnya.

Geum Jan-di adalah seorang siswi biasa yang baik hati dan dia berasal dari keluarga kurang mampu. Karena kebaikan dan keberaniannya, dia mendapatkan beasiswa masuk ke sekolah elit Shinhwa yang dikuasai oleh F4. F4 sendiri adalah kumpulan empat murid tampan, kaya raya, dan berkuasa. Jan-di amat membenci F4 dan segala arogansinya, terutama dengan leader mereka, Gu Jun-pyo. Tapi lambat laun cinta justru bersemi di antara keduanya.

4. Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Do Bong Soon

Drama fantasi Korea yang satu ini disukai pemirsa karena temanya yang sangat unik, yaitu tentang seorang gadis biasa yang memiliki kekuatan super. Mengkasting para aktor muda yang sedang naik daun seperti Park Bo-young, Park Hyung-sik, serta Jisoo, Strong Woman Do Bong Soon sukses mencetak rating tinggi ketika disiarkan. Skenario racikan Baek Mi-kyung memang sangat mengena dan membuat pemirsa menangis tertawa di sepanjang episodenya.

Do Bong-soon mewarisi darah superhuman itu dari keluarganya. Dengan kekuatannya itu, dia dengan mudah bisa menghajar para preman jalanan yang membuatnya harus berurusan dengan polisi. Untungnya, salah satu polisi itu, In Guk-doo, adalah teman sekaligus pria idamannya. Di sisi lain seorang CEO muda pemilik perusahaan gaming, Ahn Min-hyuk, merasa terancam dengan teror dari musuh-musuh bisnisnya. Ketika tahu Bong-soon punya kekuatan super, dia pun memintanya jadi bodyguard pribadinya.

5. Full House

Full House

Full House adalah drama Korea legendaris yang dianggap sebagai pelopor genre komedi romantis yang kini menjamur di K-Dramaland. Dibintangi superstar K-Pop Rain dan aktris muda yang saat itu tengah naik daun, Song Hye-kyo, Full House tak hanya sukses besar di Korea, tapi juga di level Asia. Ratingnya kala itu menyentuh angka 42%, sebuah angka yang mustahil bisa dicetak di zaman sekarang.

Han Ji-eun adalah seorang gadis muda yang periang dan tinggal di sebuah rumah warisan orangtuanya. Dia adalah seorang penulis yang berbakat dan penuh semangat. Suatu hari rumahnya dijual oleh temannya tanpa sepengetahuannya pada seorang selebriti bernama Lee Young-jae. Ji-eun pun akhirnya terpaksa menandatangani kawin kontrak demi mempertahankan rumahnya. Mereka tinggal serumah dan lambat laun mereka saling jatuh cinta.

6. I Can Hear Your Voice

I Can Hear Your Voice

I Can Hear Your Voice adalah sebuah drama Korea yang mengusung genre fantasi roman hukum. Aktor muda Lee Jong-suk yang mulai mendaki ketenaran kala itu dikasting menemani Lee Bo-young, aktris yang sudah punya nama besar sebagai leading lady. Drama ini sangat populer dan mampu mencetak rating di atas 20%, membuat sineas memperpanjang episodenya menjadi 18.

Park Soo-ha adalah murid SMA yang punya masa lalu kelam. Ayahnya dibunuh tepat di depan matanya ketika dia masih kecil. Dia juga nyaris dibunuh, namun beruntung seorang siswi SMA bernama Jang Hye-sung menyelamatkannya. Kejadian traumatis itu sangat membekas di ingatan Soo-ha hingga dia mengembangkan kemampuan membaca pikiran orang lain. Kini Hye-sung sudah menjadi seorang pengacara culas dan takdir mempertemukan mereka kembali.

7. Coffee Prince

Coffee Prince

Coffee Prince adalah drama Korea terpopuler di tahun 2007 yang mengusung tema sangat unik. Didasarkan pada novel karya Lee Sun-mi, drama 17 episode ini mampu meraup rating tinggi dari awal sampai akhir. Para aktornya menyapu berbagai penghargaan di ajang Korea Drama Awards pertama. Yoon Eun-hye, Gong Yoo, dan para pemain pendukung lainnya pun jadi ikut terkenal berkat drama ini.

Go Eun-chan adalah seorang gadis manis yang punya selera makan besar. Dia rela bekerja serabutan demi membantu keluarganya. Dia berpenampilan tomboy dan sering dikira sebagai laki-laki. Di sisi lain seorang cucu konglomerat, Choi Han-kyul, selalu disuruh neneknya mengikuti kencan buta. Dia lalu bertemu Eun-chan dan menyewanya untuk berpura-pura menjadi pacar gaynya tanpa tahu bahwa Eun-chan adalah wanita. Han-kyul lalu meneruskan bisnis kedai kopi dan Eun-chan tetap berpura-pura menjadi pria agar bisa diterima bekerja di sana.

8. The Heirs

The Heirs

Tak diragukan lagi The Heirs adalah salah satu drama remaja Korea paling populer yang pernah dibuat. Selain pasangan Lee Min-ho dan Park Shin-hye, drama satu ini juga diperkuat oleh banyak aktor dan idol papan atas, membuat The Heirs dengan mudah mendulang popularitas di tingkat Asia. Penulis skenario legendaris Kim Eun-sook sekali lagi berhasil membuktikan kehebatannya.

Drama ini menyorot kisah cinta dan pergolakan hidup yang terjadi di antara anak para konglomerat. Kim Tan adalah seorang pewaris Grup Jeguk yang temperamen dan kurang dewasa, tapi dia adalah pemuda yang baik hati. Dia jatuh cinta pada Cha Eun-sang, putri pembantunya yang pekerja keras dan cantik. Roman antara si kaya dan si miskin pun terjadi, dibumbui dengan kisah cinta segitiga dan rivalitas antara sahabat yang berubah menjadi musuh.

9. Descendants of the Sun

Descendants of the Sun

Kim Eun-sook lagi-lagi sukses melahirkan karya besar. Descendants of the Sun yang mencatatkan rekor rating 38,8% berhasil menjadi salah satu drama Korea terpopuler di tahun 2016. Berbagai penghargaan pun dibawa pulang oleh para aktornya. Tampaknya kekuatan bintang seorang Song Hye-kyo amat berpengaruh dalam mendongkrak popularitas drama bertema roman militer ini.

Dia berperan sebagai Kang Mo-yeon, seorang dokter muda yang berbakat, namun dia selalu disisihkan oleh mereka yang punya koneksi. Kompetensinya pun terasa sia-sia. Suatu ketika dia bertemu seorang tentara, Kapten Yoo Si-jin (Song Joong-ki), dan dengan cepat mereka berdua saling suka. Hubungan mereka awalnya tak selalu lancar dan bahkan sempat putus karena perbedaan idealisme. Tapi cinta tetaplah cinta. Mereka bertemu kembali dan jatuh cinta lagi.

10. Secret Garden

Secret Garden

Drama Korea terpopuler terakhir yang sangat kami rekomendasikan adalah Secret Garden, sebuah roman fantasi indah yang diperankan dua aktor papan atas, Ha Ji-won dan Hyun Bin. Banyak scene komikal yang mengundang gelak tawa di sini, tapi banyak pula adegan sedih yang bikin pemirsa menitikkan airmata. Drama satu ini berhasil mendatangkan keuntungan finansial yang sangat besar bagi pembuatnya.

Gil Ra-im adalah seorang wanita cantik yang menjalani kehidupan keras sebagai seorang stuntwoman. Dia miskin, namun tak pernah menyesali kehidupannya. Nasib mempertemukannya pada Kim Joo-won, seorang CEO kaya raya yang arogan, sinis, namun kadang juga lucu. Mereka awalnya tak saling suka, namun hal ajaib terjadi ketika tubuh mereka tertukar dan menimbulkan kebingungan. Ra-im kini harus hidup sebagai CEO, sedangkan Joo-won harus hidup sebagai stuntwoman. Bagaimana cara mereka bisa kembali ke tubuh masing-masing?

Nah itulah sepuluh drama Korea terpopuler yang rata-rata bergenre roman fantasi. Adakah dari sepuluh judul di atas yang menjadi favorit kalian?

Komentar Anda