Apa sih Printer Thermal Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Bila bicara soal printer, pikiran kita mungkin akan langsung teringat pada printer tinta yang biasa disambungkan dengan komputer atau mungkin printer laser yang lebih canggih. Dua jenis printer itu memang cocok untuk tugas-tugas rumah, sekolah, dan kantor seperti mencetak dokumen-dokumen kertas biasa. Tapi bila Anda bekerja di pabrik atau industri yang membutuhkan pencetakan barcode atau media lainnya, maka printer biasa takkan cukup. Printer biasa akan memakan waktu lama, menghasilkan banyak sampah, serta memakan banyak tenaga dan listrik.

Printer Panas

Karena itulah printer thermal dipilih sebagai alternatif. Tugas mencetak pun menjadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah. Ini sejalan dengan tujuan penemuan teknologi baru, yaitu untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas kerja. Printer thermal pun semakin populer digunakan di berbagai industri komersial. Tiket film, nota, label produk, semuanya dicetak lewat printer thermal.

Untuk memutuskan apakah Anda perlu thermal printing atau tidak, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Cara kerja printer thermal cukup sederhana. Alat ini akan menyalin/mencetak gambar atau tulisan pada material yang sudah dipilih menggunakan panas. Printer tinta (printer inkjet) menggunakan tinta untuk mencetak gambar dan tulisan. Di masa lalu, printer inkjet jauh mengungguli printer thermal dalam hal kualitas dan pewarnaan gambar.

Printer thermal pun terus berkembang seiring waktu. Alat ini terus ditingkatkan teknologinya agar bisa mencetak gambar yang kualitasnya setara printer inkjet dengan kecepatan dan kenyamanan ala printer thermal. Saat ini printer inkjet masih jadi andalan untuk mencetak di kertas, tapi untuk media lain, banyak orang yang memilih printer thermal.

Pencetakan thermal transfer menggunakan panas untuk menghasilkan imej pada kertas, label, atau bahan lain. Gambar atau tulisan dibuat dengan melelehkan lapisan tertentu (coating) sehingga tetap melekat pada bahan yang dimaksud. Teknik ini memberikan pencetakan gambar berkualitas tinggi yang tidak dapat dibandingkan dengan opsi pencetakan on-demand lainnya.

Thermal transfer juga menggunakan pita untuk menghasilkan gambar pada bahan yang diinginkan. Metode ini sangat ideal untuk industri yang memerlukan pencetakan pada berbagai hal. Hal ini dikarenakan thermal printer dapat mencetak secara efektif pada berbagai media yang lebih besar daripada model thermal langsung, meliputi kertas, poliester, dan bahan polipropilen.

Thermal transfer dapat mencetak label penandaan pipa, tanda dinding, tiket, dan label apa saja. Nah, satu hal yang perlu diingat: ketika Anda mengubah dari satu bahan ke bahan lainnya, Anda harus mencocokkan bahan yang ingin disalin dengan pita. Ini perlu dilakukan agar printer thermal bisa bekerja dengan sempurna.

Kombinasi media pita yang akurat dapat membantu pengguna membuat label berkualitas tinggi yang tahan terhadap lingkungan ekstrem, kerusakan akibat sinar matahari, paparan bahan kimia dan air, dan sebagainya.

Selain thermal transfer, ada pula printer thermal langsung yang menggunakan media yang peka terhadap panas, media yang sudah mendapat perlakuan kimiawi khusus sehingga akan menjadi gelap ketika diaplikasikan pada printhead thermal. Tidak seperti printer thermal transfer, printer thermal langsung tidak memiliki pita, tinta, atau toner. Karena tidak memerlukan banyak komponen, penggunaan printer thermal langsung menjadi lebih mudah. Alat ini juga lebih tahan lama dan lebih tangguh daripada printer inkjet. Sebagian besar printer seluler memanfaatkan teknologi termal langsung.

Kelemahan metode ini adalah gambar thermal langsung yang terlalu banyak terkena panas, cahaya, atau lingkungan keras lainnya akan menjadi lebih gelap sehingga tidak dapat dibaca. Pencetakan termal langsung tidak dimaksudkan agar hasil cetakan bisa bertahan sangat lama. Kekuatan hasil pencetakannya pun bervariasi pada kondisi penggunaan. Metode ini diterapkan pada pembuatan label pengiriman, tanda terima, pencetakan tiket, dan berbagai aplikasi barcode. Jika diperhatikan, label-label itu akan memudar seiring waktu kan?

Nah itulah penjelasan mengenai printer thermal. Jika Anda ingin memilikinya, alat ini sama sekali tidak langka kok. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di banyak e-commerce yang tersebar di internet, salah satu yang paling terpercaya adalah Shopee. Shopee punya pilihan luas alat-alat elektronik berkualitas tinggi dari berbagai brand, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Dibandingkan e-commerce lain, Shopee lebih disukai karena sering mengadakan promo dan memberikan potongan harga, termasuk potongan ongkos kirim setiap harinya. Printer thermal ada di kategori alat elektronik di mana Shopee menyediakan aneka promo menarik untuk produk mereka di Electronic Sale. Oke tunggu apa lagi, untuk info lebih lanjut langsung kunjungi Shopee yuk!

Komentar Anda