11 Alasan Orang Suka Memelihara Kucing Dibandingkan Anjing

Loading...

Ketika Anda ingin memelihara hewan berbulu, barangkali hal tersulitnya adalah memilih antara kucing atau anjing. Meskipun mereka adalah teman berbulu yang baik, kedua jenis hewan ini sangat berbeda satu sama lain. Kucing memiliki banyak sifat yang menguntungkan, mulai dari kemudahan perawatan, kebersihan, hingga kelucuannya yang menggemaskan. Hal ini menjadikan kucing hewan peliharaan yang luar biasa bagi keluarga mana pun.

Kucing Lucu

Lalu apa saja alasan orang akhirnya memutuskan memelihara kucing ketimbang anjing?

1. Mereka tak menghabiskan banyak tempat

Jika Anda pernah tidur bersama anjing Golden Retriever -atau bahkan seekor anjing kecil- Anda tahu mereka membutuhkan banyak ruang. Anjing suka berbaring di ruangan pribadi setiap orang. Mereka butuh ruangan besar untuk bermain dan berolahraga. Barang-barang mereka (seperti tempat tidur anjing atau mainan anjing) juga besar. Mereka benar-benar membutuhkan ruang yang lapang untuk hidup bahagia dan sehat.

Kucing tidak membutuhkan banyak ruang untuk hidup bahagia. Selama Anda dapat menyediakan kebutuhan dasarnya, seperti kotak kotoran (Anda membutuhkan satu kotak per kucing ditambah satu tambahan) serta makanan dan air, Anda bisa menjamin kucing Anda akan bahagia.

2. Kucing lebih terjangkau

Walaupun kucing jenis tertentu bisa lebih mahal, harga beli anjing rata-rata masih di atasnya. Biaya perawatan kucing pun umumnya lebih terjangkau daripada anjing. Anjing butuh banyak sekali item, mulai dari mainan sampai tali kekang (belum termasuk kandang jika perlu). Anjing juga perlu pelatihan dan olahraga, pemilik yang sibuk biasanya akan memakai jasa profesional yang relatif mahal. Kucing tak butuh semua itu. Mereka bisa berkeliaran, tiduran, dan bermain sendirian sepanjang hari.

3. Kucing sempurna sebagai hewan indoor

Hampir mustahil bagi anjing untuk hidup di dalam ruangan saja; mereka membutuhkan banyak olahraga, banyak jalan-jalan, dan melakukan segala aktivitas di luar rumah agar mereka tetap bahagia dan sehat. Tetapi jika Anda tidak memiliki halaman atau akses ke taman, atau memiliki mobilitas terbatas, memelihara anjing tentu merepotkan.

Di sisi lain kucing sangat nyaman di dalam ruangan. Mereka senang bertengger di dekat jendela atau meringkuk di tempat yang nyaman seperti di sofa. Mereka selalu santai dan tenang di sepanjang hari serta tidak akan mengemis perhatian pada Anda.

4. Kucing lebih tenang

Bahkan para pemilik anjing pun mengakui bahwa ketika anjing mereka menggonggong pada orang asing, binatang lain, atau hanya karena mainan favoritnya terselip di bawah sofa, gonggongan tanpa hentinya bisa sangat mengganggu.

Kucing tentu saja juga membuat kebisingan, terutama di malam hari ketika banyak kucing aktif. Suara meow dan dengkurannya cenderung pelan dan jarang. Hanya sesekali mereka akan melolong pada malam hari dan itu mudah sekali ditenangkan.

5. Anak kucing lebih mudah perawatannya

Baik anak anjing maupun anak kucing membutuhkan waktu, energi, dan perhatian yang luar biasa. Demi membuat mereka nyaman di rumah baru mereka, memperkenalkan mereka pada makanan baru mereka, dan memulai beberapa pelatihan awal, Anda mungkin kelelahan selama beberapa minggu pertama bersama anak anjing atau anak kucing baru Anda.

Akan tetapi, anak-anak anjing memerlukan pelatihan yang berkelanjutan (terutama untuk latihan pispot), tetapi begitu anak kucing disapih dari induknya dan telah mempelajari dasar-dasar penggunaan kotak kotoran, mereka dapat ditinggalkan di rumah tanpa pengawasan pada siang hari.

Loading...

Ingin ekstra aman? Tempatkan anak kucing Anda di ruangan di mana dia tidak bisa berbuat nakal saat Anda pergi. Ini akan membuatnya tetap tenang di satu ruang yang aman dan nyaman. Dan karena ukurannya yang lebih kecil, kucing tidak akan bisa menyebabkan banyak kerusakan di dalam rumah.

6. Kucing membuat tikus kabur dari rumah

Kucing

Kucing adalah pemburu alami. Mereka akan menguntit, berburu, dan menerkam mangsa mereka -bahkan jika itu ada di layar televisi. Meskipun Anda seharusnya tidak pernah membiarkan kucing memakan serangga atau tikus yang ditangkapnya, rumah bebas hama adalah salah satu dari banyak manfaat memiliki kucing. Terlebih lagi, aroma kucing Anda sendiri dapat menjauhkan tikus dari rumah Anda; jika tikus mendeteksi pemburu di rumah, mereka kemungkinan besar tidak akan masuk.

7. Kucing lebih bersih

Kucing secara alami adalah makhluk yang sangat bersih dan salah satu insting mereka adalah mengubur kencing dan kotoran mereka. Ini menyembunyikan wilayahnya dari pemangsa yang, seperti kucing, menggunakan indera penciumannya untuk menemukan mangsanya. Meskipun kucing rumahan tidak akan diburu oleh predator, kita manusia dapat menuai manfaat dari hal itu. Kotoran mereka akan terlihat rapi, bersih, dan tertutup sepenuhnya, terutama bila kucing sudah diajari cara menggunakan kotak kotoran dengan baik.

Sebaliknya, anjing yang selalu butuh  jalan-jalan tanpa kenal waktu bisa membuat pemiliknya lelah. Mereka bisa mengeluarkan kotoran di sepanjang jalan dan Anda harus telaten memungutinya dengan kantong plastik.

8. Kucing bisa membersihkan diri sendiri

Anjing menyukai hal-hal yang berbau tidak sedap, mulai dari sampah, hewan mati, hingga kotoran, dan mereka sangat suka berguling-guling di atasnya. Akibatnya, anjing butuh mandi dan perawatan rutin yang bisa menjadi sangat mahal jika Anda membawa mereka ke groomer.

Kucing pada dasarnya adalah mesin pembersih sendiri. Anda mungkin ingin merawatnya dengan sikat sesekali dan pasti memotong kukunya sesuai kebutuhan, tetapi sebaliknya, kucing telah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga kebersihannya sendiri.

9. Kucing memahami ruangan pribadi

Terkadang setelah menghabiskan hari yang panjang dan melelahkan di tempat kerja, Anda mungkin tidak ingin diganggu anjing Anda yang mengikuti Anda di sekitar rumah dan mangajak Anda untuk bermain.

Meski kucing mendapatkan reputasi buruk karena kedinginan mereka terhadap tuannya, mereka benar-benar memahami (dan menghargai) konsep ruang pribadi. Kucing tidak membutuhkan perhatian terus-menerus dan ini memberi Anda banyak kesempatan untuk duduk santai setelah kerja yang panjang.

10. Kucing memberikan manfaat kesehatan

Penelitian menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi stres dan membuat Anda hidup lebih lama, tetapi ada manfaat kesehatan tertentu yang diberikan kucing kepada pemiliknya. Purring atau dengkuran kucing, misalnya, memiliki kemampuan penyembuhan terapeutik pada otot dan tulang manusia. Frekuensi getarannya telah terbukti memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera.

11. Kucing tidak agresif

Meski punya reputasi sebagai peliharaan yang setia, beberapa jenis anjing dikenal sangat agresif dan buas, terutama jenis anjing penjaga. Pemilik harus mampu mengendalikan agresi mereka dan melakukan pelatihan sejak dini. Berbeda dengan kucing, tak ada kucing rumahan yang agresif dan bisa menyebabkan luka serius seperti anjing. Luka maksimal yang bisa mereka timbulkan hanyalah cakaran dan itu sangat jarang terjadi. Mereka adalah hewan yang sangat damai dan penyendiri.

Loading...

Komentar Anda