Mengenal Kaktus Beserta Ciri-cirinya

Saguaro
Saguaro

Kaktus adalah tanaman gurun yang sangat khas. Mereka tumbuh di tempat yang kering di mana tanaman lain sulit untuk hidup. Kemampuan kaktus untuk menyimpan air membuat tanaman ini mampu bertahan hidup di kondisi ekstrim. Kaktus juga dilindungi oleh duri tajam yang mencegah hewan memakan mereka.

Di dunia ini ada sekitar 1.650 spesies kaktus. Tanaman ini tumbuh terutama di daerah kering di wilayah Amerika Serikat, Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Meksiko memiliki jumlah dan jenis kaktus terbesar dari semua daerah.

Kaktus adalah tanaman sukulen, yang berarti mereka memiliki jaringan tebal yang mampu mengambil dan menyimpan sejumlah besar air. Air yang ditampung membuat tanaman ini mampu bertahan hidup selama musim kemarau. Tidak seperti banyak tanaman lainnya, kaktus tidak memiliki akar yang dalam. Sebaliknya, kaktus memiliki akar yang tersebar di dekat permukaan tanah. Hal ini penting untuk kelangsungan hidup mereka. Akar ini akan menyerap air dari wilayah yang luas selama beberapa kali hujan.

Kaktus dikenal karena durinya yang tajam. Duri ini tumbuh dalam pola yang berbeda di permukaan tanaman. Beberapa kaktus juga memiliki bunga dan cabang. Kebanyakan tidak memiliki daun. Jika kaktus memiliki daun, ukurannya pasti sangat kecil dan akan gugur ketika tanaman tumbuh.

Kaktus memiliki berbagai ukuran. Kaktus yang disebut pir berduri tumbuh di tandan rendah. Kaktus raksasa yang dikenal sebagai saguaro dapat tumbuh mencapai 15 meter. Cabang-cabangnya bisa setebal 0,6 meter.

Kebanyakan kaktus tumbuh di tanah. Beberapa kaktus, yang dikenal sebagai epifit, tumbuh pada tanaman lain. Kaktus lain bisa tumbuh pada permukaan benda-benda keras seperti batu.

Kaktus sering ditanam untuk dijadikan hiasan. Banyak varietas kaktus yang unik dan indah dijadikan sebagai tanaman hias. Di Amerika Selatan, kaktus kadang-kadang digunakan sebagai pagar. Arizona telah mengadopsi saguaro sebagai bunga resmi negara bagiannya.

Beberapa jenis kaktus juga ditanam untuk dijadikan makanan. Buah berbentuk telur dari kaktus saguaro dapat dimakan. Orang juga memakan buah dari pir berduri.

Leave a Reply