Hal-hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kota Brisbane

Kota Brisbane

Brisbane adalah ibukota negara bagian Queensland, Australia. Brisbane merupakan kota terbesar ketiga di Australia. Brisbane terletak di sudut tenggara Queensland, tepatnya di tepi Sungai Brisbane. Sungai ini bermuara di Samudera Pasifik sekitar 19 kilometer jauhnya.

Brisbane memiliki banyak taman dan ruang hijau. Salah satu taman besar terletak di Gunung Coot-tha di tepi barat kota. Bukitnya menawarkan pemandangan yang mengesankan dari seluruh kota.

Brisbane adalah markas bagi lembaga-lembaga budaya utama di Queensland. Pusat Kebudayaan meliputi museum negara bagian, perusahaan teater, perpustakaan, pusat seni pertunjukan, dan dua galeri seni.

Perekonomian daerah Brisbane sangat bergantung pada sektor jasa, yang meliputi berbagai pekerjaan dalam perdagangan ritel, restoran, pemerintahan, perbankan, dan pariwisata. Pabrik-pabrik Brisbane memproduksi makanan, elektronik, alat-alat, dan produk medis. Minyak disalurkan untuk disuling dari sumur di dekat kota. Pelabuhan kota, terletak di mulut Sungai Brisbane, menangani ribuan kapal kargo setiap tahun.

Dalam sejarahnya, daerah Brisbane dihuni oleh suku Aborigin sebelum bangsa Eropa pertama tiba di sana. Pada tahun 1823, Inggris mengklaim wilayah itu sebagai bagian dari koloni New South Wales. Seorang penjelajah Inggris bernama John Oxley menemukan Sungai Brisbane. Dia memberikannya nama ‘Brisbane’ untuk menghormati Thomas Brisbane, Gubernur New South Wales. Inggris segera mendirikan koloni penjara di daerah itu. Setelah tahun 1839, tempat itu tidak lagi menjadi penjara dan mulai berkembang menjadi sebuah kota yang normal.

Pada tahun 1859, Queensland berpisah dengan New South Wales. Queensland menjadi koloni terpisah dengan Brisbane sebagai ibukotanya. Brisbane tumbuh ketika semakin banyak orang pindah ke sana dan ke seluruh Australia setelah Perang Dunia II (1939-1945). Brisbane menjadi makmur, tapi beberapa kali di sepanjang sejarahnya kota ini diterjeang banjir besar dari Sungai Brisbane. Pada bulan Januari 2011, setelah satu periode hujan deras berkepanjangan, sungai meluap dan menyebabkan banjir terburuk di kota sejak tahun 1974.

Leave a Reply