Hal-hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kota Budapest

Budapest

Budapest adalah ibu kota Hongaria, sebuah negara di kawasan Eropa Tengah. Budapest adalah kota terbesar di negara ini. Budapest juga merupakan pusat penting dari kebudayaan, pendidikan, dan ilmu pengetahuan.

Budapest terletak di kedua tepi Sungai Danube. Kota ini memiliki dua bagian utama: Buda dan Pest. Bagian-bagian ini berada di tepi seberang sungai. Beberapa jembatan menghubungkan keduanya. Buda memiliki banyak bukit, sedangkan Pest lebih datar.

Lebih dari 100 sumber air panas alam ditemukan di Budapest. Banyak spa atau resort dibangun di sekitar mata air tersebut. Inilah salah satu alasan kenapa Budapest menjadi destinasi wisata utama.

Budapest juga menjadi pusat transportasi, manufaktur, dan perbankan Hongaria. Pabrik-pabrik di kota ini memproduksi peralatan elektronik, komunikasi, bahan kimia, kain, dan makanan olahan. Pabrik-pabrik lainnya membuat bus, peralatan kereta api, dan kapal.

Pada zaman kuno, orang-orang Romawi membangun sebuah kota di situs Budapest. Orang-orang Hongaria datang ke daerah itu di tahun 800-an. Mereka kemudian menetap di kota Buda. Buda menjadi ibukota kerajaan Hongaria di tahun 1400-an. Kelompok Slavia mendirikan Pest. Para pedagang Jerman kemudian mengembangkan Pest menjadi kota perdagangan. Kedua kota berada di bawah kekuasaan Turki untuk suatu periode.

Banyak bangunan di Budapest saat ini berasal dari tahun 1700-an dan 1800-an. Kawasan itu kemudian berada di bawah kekuasaan Austria. Pada tahun 1873, Buda dan Pest bergabung untuk membentuk satu kota.

Pertempuran di akhir Perang Dunia II pada tahun 1945 memporak-porandakan Budapest. Setelah perang, Hongaria membentuk pemerintah komunis yang berpusat di Budapest. Pada tahun 1956, ada pemberontakan di kota melawan pemerintah komunis. Pemberontakan itu gagal. Pada era 1980-an, protes yang semakin banyak (berpusat di Budapest) menyebabkan jatuhnya komunisme di Hongaria.

Leave a Reply