7 Fakta Tentang Lilian Thuram

Lilian Thuram

Lilian Thuram adalah sosok pemain bertahan yang menjadi tembok kokoh tim-tim yang dibelanya. Dengan postur 185 cm yang dipadukan dengan kekuatan stamina, Thuram kerap diandalkan untuk menghadang bola-bola udara, bahkan bola-bola daerah. Pemain kelahiran Pointe-à-Pitre ini memiliki karir yang cemerlang di tanah Perancis, Italia, dan Spanyol. Ia bahkan juga menjadi pilihan utama di lini pertahanan timnas Perancis. Berikut 7 fakta mengenai lilian Thuram.

1. Meski berprofesi sebagai defender, Thuram memiliki agresivitas yang tinggi. Ia kerap maju membantu serangan, bahkan turut mencetak gol-gol penting. Thuram bisa beroperasi sebagai bek kanan atau bek tengah, terkadang juga diplot sebagai gelandang.

2. Thuram adalah pemain yang kuat dan punya determinasi di lapangan. Tapi di luar lapangan, ia adalah sosok yang cerdas dan berkelas. Thuram ditunjuk menjadi duta UNICEF di tahun 2010.

3. Di sepanjang karirnya, Thuram hanya membela empat tim, yakni Monaco, Parma, Juventus, dan Barcelona.

4. Sempat pensiun sejenak, pelatih Perancis Raymond Domenech meyakinkan Thuram untuk kembali mengenakan seragam Perancis karena Les Blues saat itu tengah berjuang keras untuk masuk ke Piala Dunia 2006. Thuram berhasil mengantar Perancis ke final, sebelum dikandaskan Italia lewat adu penalti.

5. Pada Juni 2008, Thuram sempat menandatangani kontrak dengan PSG, namun batal karena ia didiagnosa menderita kelainan jantung. Thuram lantas mengumumkan pensiun dari dunia persepakbolaan internasional.

6. Thuram merupakan pemain Perancis dengan caps terbanyak, yakni 142.

7. Thuram menjadi pemain Eropa pertama yang mengumpulkan 15 kali penampilan di ajang Euro.

Leave a Reply