10 Minuman Bersoda (Soft Drink) Paling Laris di Dunia

Soft Drinks

Soft drink adalah salah satu jenis minuman ringan paling digemari di seluruh dunia. Meski popularitas soft drink akhir-akhir ini kian meningkat, minuman berkarbonasi ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-17, yakni dibuat dari campuran air, jus lemon, dan madu sebagai pemanis.

Sejak seorang ahli kimia bernama Joseph Priestly mengembangkan minuman berkarbonasi di abad ke-18, produksi soft drink lantas berubah menjadi bisnis besar sampai kini. Lalu apa saja merek soft drink paling laris di dunia saat ini? Simak ulasan kami berikut ini.

10. Diet Dr Pepper

Diet Dr Pepper

Minuman ini dikembangkan oleh perusahaan soft drink Amerika, Dr Pepper. Diet Dr Pepper bernama asli Dietetic Dr Pepper dan diperkenalkan secara bertahap. Versi kalengan diperkenalkan tahun 1962, sedangkan versi botolan dilempar ke pasaran setahun sesudahnya. Penjualan sempat menurun karena masyarakat mengira minuman ini khusus untuk penderita diabetes. Namanya diubah menjadi Diet Dr Pepper di tahun 1987. Dengan beberapa kali pergantian teknik promosi, Diet Dr Pepper menjadi salah satu soft drink terlaris di dunia.

9. Fanta

Fanta

Soft drink satu ini bercirikan rasanya yang beraneka ragam. Ada lebih dari 100 jenis rasa Fanta di dunia. Minuman berkarbonasi produksi perusahaan AS The Coca-Cola Company ini awalnya diciptakan karena kesulitan mengimpor sirup Coca Cola yang disebabkan embargo perdagangan ke Jerman selama Perang Dunia II. Akhirnya kepala Coca Cola Jerman saat itu, Max Keith, ingin membuat satu produk minuman baru untuk pasar Jerman dengan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di Jerman. Fanta pun akhirnya tercipta.

8. Diet Mountain Dew

Diet Mountain Dew

Diet Mountain Dew hanyalah satu dari banyak produk soft drink yang diluncurkan oleh perusahaan raksasa PepsiCo. Minuman ini pertama kali diperkenalkan pada publik di tahun 1988. Minuman yang awalnya dikenal sebagai Sugar-Free Mountain Dew ini formulanya diubah di tahun 2006, menggunakan campuran sukralosa, aspartam, dan kalium asesulfam sebagai pemanis. Penjualan Diet Mountain Dew terus naik secara signifikan, terutama di daratan Amerika Serikat. Tiga varian minuman ini antara lain Code Red, Voltage, dan Ultra Violet.

7. Diet Pepsi

Diet Pepsi

Varian Pepsi ini dipasarkan sebagai minuman berkarbornasi tanpa kalori dan tanpa gula di tahun 1964. Diet Pepsi merupakan diet cola pertama yang didistribusikan ke seluruh penjuru Amerika Serikat. Di tahun 1983, Diet Pepsi sudah dijual di seluruh dunia. Komposisi, rasa, dan pengemasannya bervariasi di setiap negara. Tak heran, soft drink satu ini memiliki beberapa nama, seperti Pepsi Light di kawasan Eropa Timur. Di Inggris, Diet Pepsi disebut Pepsi Diet, dan di tahun 2015, namanya kembali diubah menjadi Diet Pepsi.

NEXT

Leave a Reply