8 Fakta Seru Film Brokeback Mountain (2005)

Brokeback Mountain

Brokeback Mountain adalah film tahun 2015 yang dibintangi oleh dua aktor papan atas Hollywood, Jake Gyllenhaal dan Heath Ledger. Film yang berlatar belakang di sebuah daerah pegunungan indah ini menceritakan kisah asmara yang terjalin secara rahasia di antara dua koboi.

Romansa dua pria tersebut, Ennis Del Mar dan Jack Twist, bermula ketika mereka mendapat pekerjaan yang sama sebagai gembala domba, lalu hubungan mereka kian akrab. Meski pada akhirnya telah sama-sama memiliki istri dan anak, Ennis dan Jack masih menyimpan perasaan satu sama lain dan saling merindukan.

Film bertemakan gay ini menuai pujian dari berbagai kalangan berkat keindahan cerita serta akting memukau yang ditampilkan dua aktor utamanya. Berikut kami hadirkan delapan fakta mengenai film ini.

1. Menurut kabar yang beredar, Heath Ledger nyaris mematahkan hidung lawan mainnya, Jake Gyllenhaal, ketika mereka beradegan ciuman.

2. Meski Ledger dan Gyllenhaal adalah pria normal di kehidupan nyata, sebagai aktor profesional mereka tahu bahwa adegan bercinta dan ciuman harus dilakukan senatural mungkin. Oleh karena itulah kedua aktor ini memutuskan untuk berlatih adegan ciuman pada saat latihan.

3. Ledger awalnya sempat ragu ketika ditawari peran sebagai Ennis Del Mar, namun kekasihnya kala itu, aktris Naomi Watts, berhasil meyakinkannya setelah keduanya membaca naskah bersama-sama. Ledger sendiri mengaku ia tak pernah takut memerankan karakter gay atau karakter apapun.

4. Tim produksi film mengadakan kamp koboi selama sebulan untuk pemain utama, namun Ledger menolak ikut serta dengan alasan ia sudah pernah merasakan hidup di peternakan di daerah Australia Barat. Namun lawan mainnya, Gyllenhaal, diwajibkan untuk ikut karena ia perlu tahu bagaimana rasanya hidup seadanya di alam liar.

5. Poster film Brokeback Mountain secara sengaja dibuat menyerupai gaya poster film romantis lainnya, Titanic.

6. Kaos yang selalu digunakan karakter Ledger dan Gyllenhaal dalam film ini di jual di situs lelang eBay pada tahun 2006 silam dan terjual seharga 101.000 dolar AS. Pemenang lelang adalah Tom Gregory, seorang sejarawan film sekaligus kolektor. Tom menyebut kaos-kaos ini sebagai ‘sepatu ajaib di masa kini’. Istilah sepatu ajaib atau ruby slippers merujuk pada sepasang sepatu ajaib yang dikenakan aktris Dorothy Gale dalam film The Wizard of Oz (1939).

7. Universal Studio membuat keputusan langka untuk merilis film ini dalam bentuk DVD ketika masih ditayangkan di bioskop. Brokeback Mountain juga menjadi film pertama yang dirilis dalam bentuk DVD dan unduhan pada hari yang sama.

8. Film fenomenal ini sukses merebut tiga Piala Oscar, salah satunya didapatkan oleh sang sutradara, Ang Lee. Pria asal Taiwan ini menjadi orang Asia pertama yang berhasil merebut piala Oscar sebagai sutradara. Namun media-media China samasekali tidak menyebutkan fakta bahwa Ang Lee adalah pria Taiwan, dan ia diberitakan sebagai orang China atau orang China-Amerika. Bahkan pidato Ang Lee yang berisi kata-kata “Thank you, Taiwan” juga disensor.

Leave a Reply