Hal-hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kota Casablanca

Kota Casablanca

Casablanca adalah salah satu kota tertua di dunia Arab. Casablanca merupakan kota terbesar dan pelabuhan utama Maroko, di Afrika utara. Kota ini terletak di bagian barat laut Maroko di Samudera Atlantik. Nama Casablanca berarti “rumah putih” dalam bahasa Spanyol. Nama Arab kota ini, Al-Dar al-Bayda’, juga berarti “rumah putih”.

Casablanca cukup datar. Kota ini membentang berkilo-kilometer di sepanjang pesisir yang berbatu. Di barat ada serangkaian bukit pasir yang tingginya lebih dari 60 meter. Sejumlah pantai dan ruas jalan populer menghiasai daerah pesisir kota ini.

Di dekat pelabuhan Casablanca ada medina tua, yang merupakan kota kecil Arab asli. Beberapa bagian dari tempat ini masih dikelilingi oleh dinding asli. Tidak jauh dari medina ada Masjid Hasan II, salah satu masjid terbesar di dunia.

Alun-alun Muhammad V dan Alun-alun PBB adalah daerah perbisnisan utama. Bank, hotel, dan toko besar berbaris di sepanjang jalan. Lebih jauh ke selatan ada Katedral putih Sacré Coeur.

Casablanca adalah pusat ekonomi dan industri utama Maroko. Lebih dari separuh angkatan kerja Maroko bekerja di kota ini. Industri Casablanca meliputi tekstil, elektronik, kulit, dan produk makanan. Perikanan juga penting.

Pada tahun 1100, sebuah desa Berber yang disebut Anfa berdiri di tempat Casablanca berada saat ini. Anfa kemudian menjadi basis bajak laut. Pada tahun 1468, bangsa Portugis menghancurkan kota ini. Mereka membangun sebuah kota baru yang disebut Casa Branca, yang berarti “rumah putih” dalam bahasa Portugis.

Pada tahun 1755, gempa bumi menghancurkan kota. Seorang sultan, atau penguasa Arab, membangun kota itu di akhir tahun 1700-an. Orang-orang Arab juga membangun pelabuhan. Pedagang Spanyol dan Eropa lainnya mulai menggunakan pelabuhan tersebut. Kota ini kemudian dikenal dengan nama Spanyolnya, Casablanca. Pada tahun 1912 sampai 1956, Maroko diperintah oleh Perancis. Selama waktu itu, Casablanca menjadi pelabuhan utama Maroko.

Leave a Reply