Minuman Bebas Gula Juga Merusak Gigi

Minuman Bebas Gula

Tahukah Anda, gula ternyata bukan satu-satunya musuh bagi kesehatan gigi. Para peneliti di Oral Health Cooperative Research Centre (CRC), yang berbasis di University of Melbourne, Australia, menguji 23 jenis minuman bebas gula, termasuk soft drink dan sports drink.

Mereka menemukan bahwa minuman yang mengandung aditif asam dan yang memiliki tingkat pH rendah dapat menyebabkan kerusakan sedang pada enamel gigi, bahkan meski minuman tersebut tidak mengandung gula.

Mengapa demikian?

Gula dikaitkan dengan kerusakan gigi karena membentuk plak pada permukaan gigi yang dicerna bakteri dan dikonversi ke asam. Asam tersebut menyerang gigi dengan melarutkan lapisan luar email gigi. Dengan demikian, minuman yang bersifat asam, entah mengandung gula atau tidak, juga bisa mengikis gigi.

Studi-studi ini menemukan bahwa mayoritas soft drink dan sport drink menyebabkan pelunakan enamel gigi antara sepertiga sampai setengahnya. Soda dan minuman berkarbonasi lainnya bersifat asam karena mengandung asam karbonat yang dihasilkan dari pelarutan karbon dioksida untuk membuatnya bersoda. Hmm, jadi tahu kan sekarang? 🙂

Leave a Reply