Cara Meningkatkan Asupan Vitamin D

Jamur

Sebagai zat yang sangat penting, vitamin D memberikan kontribusi terhadap penyerapan nutrisi yang sehat dan membuat tulang kuat. Meski sebenarnya mudah mendapatkannya, namun banyak orang masih menderita kekurangan vitamin D.

Vitamin D adalah vitamin larut lemak yang ada dalam berbagai bentuk dalam tubuh. Sub vitamin yang paling penting dari vitamin D adalah D2 dan D3. Anda bisa mendapatkan vitamin D2 terutama dari sayuran, sementara vitamin D3 dapat dikonsumsi dari hewan.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa tubuh Anda tidak dapat membuat vitamin D sendiri. Tubuh bergantung pada sumber daya alam seperti makanan yang mengandung vitamin D dan sinar matahari (provitamin D) untuk mendapatkan dosis vitamin D yang diperlukan setiap hari.

Vitamin D memainkan peran besar dalam mengatur penyerapan kalsium dan fosfor dari usus kecil. Penelitian terbaru juga telah menunjukkan bahwa jika seseorang kekurangan vitamin D, maka risiko terkena berbagai penyakit yang mengancam jiwanya akan semakin besar.

Makanan-makanan yang bisa meningkatkan vitamin D

~ Ikan berminyak

Semua jenis ikan berminyak seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden mengandung banyak vitamin D. 3 ons makarel mengandung 360 IU vitamin D, 3 ons salmon mengandung 530 IU vitamin D, dan 3 ons tuna mengandung 200 IU vitamin D. Makanlah ikan goreng dan gunakan ikan untuk burger sebagai alternatif daging sapi. Makanan laut lainnya yang memiliki kadar vitamin D tinggi adalah tiram, lele, ikan herring, dan halibut.

~ Telur

Sebagai aalah satu makanan paling sehat di dunia, telur mengandung vitamin D dalam jumlah yang cukup. Makan satu butir telur akan memberikan 37,0 IU vitamin D, atau setidaknya 10% dari kebutuhan setiap hari.

~ Susu

Kebanyakan susu yang beredar di pasaran kini sudah diperkaya dengan vitamin D, yang membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk makanan Anda. Segelas besar susu mengandung setidaknya 100 IU vitamin D yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Jika Anda tidak suka susu biasa, tambahkan susu pada makanan favorit Anda atau minumlah dengan cokelat. Susu adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin D karena minuman ini juga merupakan sumber kalsium yang kaya.

~ Jamur shiitake

Orang-orang yang tidak suka jamur mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa jamur shiitake kering adalah salah satu sumber vitamin D terbaik. Jamur tumbuh di bawah sinar matahari langsung dan oleh karenanya tanaman ini kaya vitamin D. Untuk mendapatkan manfaat vitaminnya, disarankan pada Anda untuk mengonsumsi jamur yang dikeringkan matahari karena makanan itu juga merupakan sumber vitamin B yang kaya.

~ Sereal yang diperkaya

Sebagai salah satu menu sarapan paling populer di dunia, sereal dipenuhi dengan nutrisi dan vitamin. Pastikan Anda membaca bahan-bahannya sebelum membeli sereal dan pilihlah merek yang mengandung sedikit atau tanpa gula halus dan tanpa minyak terhidrogenasi. 100 gram sereal bisa memberi Anda lebih dari 342 IU vitamin D.

Leave a Reply