10 Fakta di Balik Film Memento (2000)

Memento

Memento adalah salah satu film terbaik Hollywood yang dirilis di tahun 2000. Film ini dibintangi oleh Guy Pearce dan disutradarai oleh Christopher Nolan. Memento mengusung kisah yang sangat menarik, yakni tentang seorang pria yang menderita gangguan amnesia parah hingga ia tak bisa membuat memori baru. Pria itu, Leonard, harus membuat catatan-catatan kecil tentang segala sesuatu agar bisa bertahan hidup. Ia bahkan juga mentato tubuhnya dengan berbagai catatan.

Apa fakta menarik di balik film yang mendapat dua nominasi Oscar ini? Berikut ulasannya.

1. Kondisi medis yang dialami Leonard adalah kondisi asli yang disebut Anterograde Amnesia. Kondisi ini membuat seseorang kehilangan kemampuan untuk membentuk memori baru karena kerusakan hipokampus. Dalam film ini jelas digambarkan bagaimana Leonard sangat pelupa, bahkan terhadap hal-hal yang baru saja dilakukannya beberapa menit yang lalu.

2. Tes yang diberikan pada Sammy Jankis yang diberi objek-objek berlistrik didasarkan pada studi nyata pada seorang pasien berinisial HM. HM menderita gangguan amnesia serupa setelah ia menjalani operasi untuk mengobati epilepsi parah.

3. Syuting film Memento terbilang singkat, hanya memakan waktu 25 hari.

4. Beberapa aktor kenamaan termasuk Brad Pitt sempat dipertimbangkan untuk mengisi peran sebagai Leonard, sebelum Guy Pearce mendapatkannya. Namun pilihan pertama Christopher Nolan sebenarnya adalah Alec Baldwin.

5. Ahli tato yang muncul dalam Memento diperankan oleh Emma Thomas, yang merupakan istri sutradara Christopher Nolan. Emma juga menjabat sebagai produser pendamping di film ini.

6. Mobil Nolan, Honda Civic warna putih, terlihat berada di parkiran di samping mobil Leonard, Jaguar, di motel.

7. Sebelum Carrie-Anne Moss dipastikan memerankan Natalie, beberapa aktris top termasuk Angelina Jolie dan Ashley Judd sempat dipertimbangkan untuk mengambil peran itu.

8. Dalam satu adegan, Leonard bergegas di depan toko buku komik yang memajang beberapa emblem Batman dan Superman. Christopher Nolan lantas menjadi sutradara bagi trilogi Batman, penulis naskah film Superman Man of Steel, serta produser eksekutif film Batman v Superman: Dawn of Justice.

9. Skenario Christopher Nolan sebenarnya didasarkan pada cerita adiknya, Jonathan Nolan, yang berjudul Memento Mori. Namun skenario Nolan masih dianggap orisinil (bukan adaptasi) lantaran cerita Jonathan belum dipublikasikan sampai film ini selesai dibuat.

10. Sebagian besar adegan dalam film ini berjalan mundur, dan ini mengharuskan para penonton untuk berkonsentrasi penuh ketika menontonnya. Namun ada rilisan DVD edisi terbatas yang menayangkan film ini secara urut (kronologis) di setiap adegannya.

2 Comments

Leave a Reply