10 Fakta Menarik Tentang Film Interstellar (2014)

Foto Film Interstellar

Interstellar akan menjawab kerinduan Anda akan film-film bertema ruang angkasa yang berkualitas. Disajikan secara realistis dan didasarkan secara ketat pada sains, film yang disutradarai Christopher Nolan ini dipastikan akan memukau Anda dengan kisah petualangan ruang angkasa yang senyap, menegangkan, dan penuh misteri.

Dibintangi oleh Matthew McConaughey, Anne Hathaway, dan Matt Damon, Interstellar bisa disebut sebagai salah satu film ruang angkasa terbaik sejauh ini. Mari kita simak 10 fakta menarik tentangnya.

1. Eksekutif produser dan konsultan Interstellar, Dr. Kip Thorne, yang juga merupakan seorang fisikawan teoritis, memberi dua pedoman yang harus dipatuhi secara ketat: segala sesuatu yang ditampilkan dalam film ini tidak boleh bertentangan dengan ilmu fisika, dan semua spekulasi liar yang ditampilkan dalam film ini harus berdasarkan sains, bukan dari imajinasi penulis naskah. Christopher Nolan pun menerima pedoman ini.

2. Robot TARS bukanlah robot berbasis komputer, melainkan sebuah boneka yang digerakkan oleh aktor Bill Irwin, yang kemudian dihapus secara digital dari film.

3. Ketika syuting di Islandia, Anne Hathaway sempat mengalami hypothermia karena baju astronot yang ia kenakan terbuka saat ia memfilmkan adegan di air es.

4. Pesawat ruang angkasa Ranger, Endurance, dan Lander dibuat menggunakan efek miniatur dan model berukuran asli yang dibangun oleh perusahaan efek New Deal Studios.

5. Skenario film ini didasarkan pada karya fisikawan teoritis Dr. Kip Thorne. Kip Thorne sendiri juga sempat ditawari untuk tampil cameo sebagai dirinya sendiri.

6. Nolan mengkasting Matthew McConaughey setelah melihat penampilannya dalam film Mud (2012). Sampai periode pasca-produksi selesai, McConaughey bahkan tidak mau memberitahu tentang plot film ini pada istrinya.

7. Awan debu raksasa yang terlihat dalam film ini dibuat di lokasi syuting menggunakan kipas besar untuk meniup debu sintetis berbasis selulosa melalui udara.

8. Dengan budget raksasa yang diperkirakan mencapai 165 juta dolar AS, Interstellar sanggup mengemas keuntungan mencapai 675 juta dolar AS di seluruh dunia.

9. Interstellar menduduki peringkat teratas dalam daftar 250 film terbaik IMDB sekaligus menjadi film ketujuh Nolan yang masuk dalam daftar elit ini.

10. Interstellar difilmkan di bawah judul palsu Flora’s Letter, yang diambil dari nama putri Nolan, Flora Nolan.

Leave a Reply