Berbagai Hal Menarik di Balik Film Chaplin (1992)

Chaplin

Sesuai judulnya, film yag dibintangi Robert Downey Jr. ini berkisah tentang kehidupan sosok komedian dan pembuat film legendaris asal Inggris, Charlie Chaplin. Film yang mendapat tiga nominasi Oscar ini menghadirkan berbagai kisah tentang Chaplin, mulai dari kehidupan awalnya di Inggris hingga kesuksesannya di Amerika Serikat. Film ini diadaptasi dari novel My Autobiography karya Chaplin serta Chaplin: His Life and Art karya kritikus film David Robinson.

Dan dalam artikel kali ini, kami akan ajak Anda membaca beberapa fakta unik di balik film Chaplin.

~ Sebagai persiapan untuk memerankan Chaplin, Robert Downey Jr. mengaku telah menonton semua film Charlie Chaplin. Ketika ditanya bagaimana perasaannya, Downey mengaku film-film tersebut menakutinya.

~ Potongan asli film ini panjangnya mencapai empat jam. Setelah melalui proses editing, film ini akhirnya tayang dalam durasi 143 menit.

~ Aktris Geraldine Chaplin adalah putri Charlie Chaplin. Dalam film ini, ia memerankan neneknya, Hannah Chaplin.

~ Aktor komedi Jim Carrey sempat dipertimbangkan untuk memerankan Chaplin. Demikian pula dengan Johnny Depp.

~ Ketika melakukan riset tentang perannya, Downey mengunjungi Museum of the Moving Image di London dan membujuk staf di sana untuk mengizinkannya mencoba baju dan sepatu boot asli Little Tramp, karakter Chaplin paling terkenal.

~ George Hayden (diperankan oleh Anthony Hopkins) adalah satu-satunya karakter utama yang sebenarnya fiktif.

~ Di dunia nyata, mata Chaplin sebenarnya berwarna biru. Sementara mata Downey tampak lebih gelap, yakni cokelat/hijau sedang.

~ Sutradara film ini, Richard Attenborough, juga berprofesi sebagai aktor. Ketika mengarahkan Chaplin, ia menolak banyak tawaran bermain film. Setelah film ini selesai diproduksi, Steven Spielberg menawarinya peran sebagai John Hammond dalam film Jurassic Park (1993).

Leave a Reply