Daftar 40 Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Gambar Tinju

Tinju adalah sebuah olahraga yang memadukan seni bertahan dan menyerang dengan menggunakan pukulan/kepalan tangan. Beberapa orang menganggap tinju sebagai olahraga yang keras dan berbahaya, namun faktanya tinju terus bertahan selama ratusan tahun lamanya dan tetap digemari orang sampai kini. Pertandingan-pertandingan tinju, baik amatir maupun profesional, merupakan hiburan tersendiri bagi para pecinta tinju di berbagai belahan dunia.

Kontes pertarungan dengan kepalan tangan berasal dari zaman kuno. Di masa Yunani kuno, para petinju membungkus tangan dan lengan mereka dengan kulit sebagai perlindungan. Di masa Romawi kuno, petarung yang disebut gladiator mengenakan penutup tangan dari kulit yang ditaburi dengan potongan logam atau duri besi. Gladiator biasanya akan bertarung sampai mati. Ketika Romawi melemah, tinju menjadi kurang populer.

Tinju kembali menjadi olahraga populer di Inggris pada awal abad ke-18. Petinju saat itu bertarung tanpa sarung tangan. Seorang petinju Inggris bernama Jack Broughton menciptakan seperangkat aturan tinju pertama di tahun 1743. Pada tahun 1838, seperangkat aturan baru melarang petinju untuk menendang, menggigit, menyeruduk, dan memukul di bawah pinggang lawan. Aturan itu berubah lagi pada tahun 1867. Aturan-aturan ini mengharuskan petinju memakai sarung tangan ketika berlaga di atas ring.

Selama abad ke-20, sebagian besar juara tinju kelas berat berasal dari Amerika Serikat. Jack Dempsey dan Joe Louis merupakan jawara kelas berat asal Amerika yang sangat terkenal di paruh pertama abad ke-20. Para jawara lain terus berlahiran, seperti Rocky Marciano, Muhammad Ali, dan Joe Frazier. Di abad ke-21, tinju menjadi semakin populer. Kaum wanita bahkan juga mulai berlaga dalam tinju amatir dan profesional.

Di sepanjang sejarahnya, tinju telah melahirkan ribuan bakat besar yang tersebar di berbagai masa. Para jawara tinju ini merupakan yang terbaik di masanya dan akan terus dikenang sebagai legenda tinju dunia. Berikut kami hadirkan daftar 40 petinju terbaik sepanjang masa.

–O–

40. Shane Mosley

Foto Shane Mosley

39. Harry Greb

Foto Harry Greb

38. Vitali Klitschko

Foto Vitali Klitschko

37. Ezzard Charles

Foto Ezzard Charles

36. Marco Antonio Barrera

Foto Marco Antonio Barrera

35. Salvador Sánchez

Foto Salvador Sánchez

34. Gene Tunney

Foto Gene Tunney

33. Carlos Monzón

Foto Carlos Monzón

32. Joe Calzaghe

Foto Joe Calzaghe

31. Juan Manuel Márquez

Foto Juan Manuel Márquez

NEXT

Leave a Reply